Beranda Nusantara 37 burung endemik Papua dilepasliarkan ke alam liar

37 burung endemik Papua dilepasliarkan ke alam liar

Sorong (ANTARA) – Sebanyak 37 burung endemik Papua, antara lain kakatua koki, mambruca, nuri, dan kesturi kepala hitam telah dilepasliarkan ke hutan di Markas Komando TNI Angkatan Laut III di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Toto Indraswanto, Plt Direktur Perencanaan Konservasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Sorong, mengatakan pada Rabu ada 30 juru masak kakatua (Kakatua Galerita).

Selain itu, menurut dia, tiga burung jatuh di sini (Gura Kristata), dua burung beo (Eclectus roratus), dan dua kepala musk hitam (Lorius Laurie).

Dijelaskannya, burung-burung tersebut disita oleh unit teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di wilayah Jawa dan Manado, serta hasil patroli kesejahteraan hewan di kota dan wilayah Sorong.

Pelepasan burung yang dilindungi ini merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Konservasi Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Konservasi Papua Barat bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut III dan TNI Angkatan Laut. Konservasi Internasional (CI) Indonesia.

Pj Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat, Budi Muglianto mengajak semua pihak untuk turut serta menjaga keanekaragaman hayati di Provinsi Papua Barat, termasuk konservasi satwa endemik yang dilindungi.

Artikel sebelumyaCiipher matang berkat album "Buta"
Artikel berikutnyaKemarin dengan Keputusan Presiden Federasi Rusia 25 Desember 2010 85/2021, sampai Presiden menyerah tiga periode