Beranda News Airlangga: Australia Dukung Kebijakan Sektor Energi Indonesia

Airlangga: Australia Dukung Kebijakan Sektor Energi Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Australia mendukung kebijakan sektor energi Indonesia terkait perubahan iklim.

Demikian dilansir Airlangga dalam keterangan pers virtual usai mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (Perdana Menteri) Scott Morrison di Roma, Italia pada Sabtu (30 Oktober).

“Hari ini saya, Menlu dan Menkeu mendampingi Presiden ke berbagai acara. Mengenai pertemuan dengan Perdana Menteri Australia yang antara lain membahas energi dan perubahan iklim, diputuskan bahwa Australia mendukung kebijakan di sektor energi (Indonesia) dan masa transisi, dan bukan energi itu sendiri, ”kata Ayrlangga.

Airlanga mengatakan transisi energi ini harus diikuti oleh pendanaan iklim dan investasi.

Selain itu, kata dia, teknologi yang dapat diakses juga harus tersedia untuk mendorong percepatan penggunaan energi hijau.

Selain energi, pertemuan Presiden Djokovi dengan Perdana Menteri Australia juga menyepakati bahwa ekonomi digital akan dibahas dan diangkat pada forum G20 mendatang di Indonesia.

Pembahasan ekonomi digital diperlukan untuk memastikan kebijakan dan regulasi di sektor digital tidak berbeda dengan sektor reguler, terutama dalam hal Platform digital.

“Ada harapan bahwa intimidasi di media, tentu akan diatur Platform secara bertanggung jawab dan sinkron,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan Presiden Djokovi dan Perdana Menteri Australia juga membahas industri hidrogen bersih di Kalimantan Utara. Di sana perusahaan Australia akan berinvestasi di lahan seluas 13.000 hektar.

Artikel sebelumyaAirlangga Hartarto: Australia izinkan warganya masuk ke Indonesia
Artikel berikutnyaAirlangga: Indonesia Berharap Percepatan EU CEPA Dorong Ekspor