Beranda Trending Artis Srihadi Soedarsono meninggal

Artis Srihadi Soedarsono meninggal

Jakarta (ANTARA). Seniman Srihadi Soedarsono Adhikoesomo meninggal dunia pada usia 90 tahun pada pukul 05.15 WIB Sabtu di kediamannya di Bandung, Jawa Barat.

Innallylahi Wa Inna Illaihi Rajiun. Bapak Prof. Srihadi Soedarsono meninggal dunia pada hari Sabtu tanggal 26 Februari 2022 pukul 05.15 WIB di kediamannya Jl. Ciumbuleuit No 173 Bandung,” demikian bunyi pesan tertulis yang diterima wartawan.

Artis kelahiran 4 Desember 1931 itu akan dimakamkan di Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB) dan akan didoakan di Masjid Salman. Seniman lulusan Seni Rupa ITB dan pernah mengajar di ITB itu akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibat, Jakarta.

prof. Kanjeng Raden Haryo Tumenggung H Srihadi Soedarsono Adhikoesoemo, MA adalah seniman Indonesia yang karyanya banyak dicari kolektor dalam dan luar negeri. Karya Srihadi berjudul Meditasi Bedhoyo Ketawang pada Juli 2020 dijual di Sotheby’s Hong Kong seharga HK$3,5 juta (setara dengan Rs 6,4 miliar).

Ia menikah dengan artis Farida Srihadi yang kuliah di ITB, kemudian di Belanda dan Inggris. Srihadi ditugaskan di Tentara Pelajar dari tahun 1945 hingga 1948 sebagai seniman-jurnalis yang membuat poster untuk Departemen IV pusat informasi BKR/TKR/TNI di Solo.

Bergabung dengan Seniman Muda Indonesia di Solo dan Yogyakarta pada tahun 1947-1952, mengikuti pendidikan seni rupa di Pusat Pendidikan Guru Gambar Universiter, Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1952. dan menerima gelar sarjana seni rupa pada tahun 1959. Setahun kemudian, ia kuliah di Ohio State University dan menerima gelar Master of Arts pada tahun 1962.

Srihadi memiliki karakter yang istimewa, itulah sebabnya ia dikenal sebagai salah satu seniman kontemporer di Indonesia. Karyanya dibentuk oleh akar budaya dan sejarah Jawa, menurut sebuah pernyataan resmi pada hari Sabtu. Karya awalnya dipengaruhi oleh hasil pendidikan, geometri sintetik.

  • satu
  • 2
  • tunjukkan semua

Artikel sebelumyaPolisi Keluarkan SP3 Dugaan Korupsi Nurhayati Karena Kurang Bukti
Artikel berikutnyaPengamat: Usulan penundaan pemilu karena parpol tidak siap bersaing