Beranda News Bamset minta pemerintah tetapkan aturan libur ASN

Bamset minta pemerintah tetapkan aturan libur ASN

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR Bambang Soesaito (Bamsoet) meminta pemerintah segera menetapkan aturan hari libur bagi pegawai negeri sipil (ASN) untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Aturan ASN tidak memperbolehkan berlibur, mengingat dan merenungkan momen-momen keagamaan yang bertepatan dengan hari raya, yang menyebabkan lonjakan kasus COVID-19,” kata Bamset dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Bamset menyarankan pemerintah perlu berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk menyusun aturan pengetatan mobilitas dalam rangka Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ia juga meminta pemerintah bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus meningkatkan kinerja dengan memperbanyak jumlah tes dan tes. pelacakan, terutama di daerah yang jumlah kasusnya terdeteksi semakin meningkat.

“Ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran kasus COVID-19 yang lebih luas selain mengintensifkan vaksinasi, terutama menjelang liburan Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Bamset juga mengingatkan semua pihak untuk tidak bereuforia dengan kasus COVID-19 yang tertunda di Indonesia.

Selain itu, semua pihak disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berlebihan selama festival Nataru. Hal ini disebabkan adanya kecenderungan kembalinya pertumbuhan jumlah kasus positif, terutama dalam konteks mobilitas penduduk yang semakin tinggi.

“Kami juga meminta pemerintah dan aparat TNI-Polri untuk menunjukkan kesediaan untuk terus memantau mobilitas penduduk, terutama kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” kata Bamset.

Artikel sebelumyaWarga Quansing Riau menemukan tapir dengan luka tajam di matanya
Artikel berikutnyaKementerian Dalam Negeri menerima penghargaan di bidang pengelolaan barang milik negara