Beranda Warganet Bangun SDM, IAIN Palu dukung Sulteng tingkatkan pendidikan vokasi

Bangun SDM, IAIN Palu dukung Sulteng tingkatkan pendidikan vokasi

Pendidikan vokasi merupakan kegiatan strategis yang perlu ditingkatkan dalam membangun keterampilan generasi muda Sulawesi Tengah pada jenjang SMA atau sederajat.

Palu (ANTARA) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah mendukung Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastur dalam meningkatkan pendidikan vokasi di daerah dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan keterampilan generasi muda siap kerja.

“Pemerintah daerah perlu mengembangkan sinergi dan strategi untuk memastikan penguatan intelektual, profesional dan moral sumber daya manusia bagi generasi muda di masa depan, yang salah satunya dapat dicapai melalui penyederhanaan dan peningkatan pendidikan vokasi,” kata Rektor IAIN Palu Profesor Sagaf S .Pettalongi, MD, di Palu, Kamis.

Ia mengatakan, pendidikan vokasi merupakan solusi untuk mengembangkan keterampilan putra-putri Sulteng, dengan mempertimbangkan potensi sumber daya alam (SDA) dan peluang investasi Sulteng.

Rektor mengatakan, pendidikan vokasi merupakan tujuan strategis yang perlu diperkuat untuk mengembangkan keterampilan generasi muda Sulawesi Tengah pada jenjang SMA atau sederajat.

Dengan demikian, kata dia, kebutuhan tenaga kerja ke depan bagi setiap investor yang datang ke Sulteng dan berinvestasi di sektor energi, sumber daya mineral, laut, perkebunan dan pertanian dapat dipenuhi oleh daerah.

“Di satu sisi, langkah ini dirancang untuk mencegah kecemburuan sosial di masyarakat. Karena kita semua tahu bahwa salah satu tantangan yang dihadapi investor saat berinvestasi adalah ketersediaan sumber daya, terutama tenaga kerja lokal,” ujarnya.

“Oleh karena itu, pendidikan vokasi harus menjadi solusi untuk menyeimbangkan kebutuhan tersebut. Selamat kepada Gubernur Rusdi Mastur dan Wakil Gubernur Mamun Amir sebagai pimpinan baru di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura mengatakan akan meningkatkan pendidikan vokasi seiring dengan kebutuhan investasi/investor yang masuk ke wilayah Sulawesi Tengah.

“Ke depan kita harus meningkatkan pendidikan vokasi sesuai dengan spesialisasi yang dibutuhkan oleh perusahaan industri di daerah kita,” ujarnya.

Gubernur mengatakan generasi muda harus dilatih oleh pemerintah daerah agar nantinya bisa menjadi tenaga kerja di industri yang dibangun investor di Sulteng.

“Ke depan anak-anak kita akan siap menjadi pekerja di industri yang berkembang di daerah ini, saya berharap mereka akan menjadi pekerja di industri yang sedang dibangun di daerah ini,” ujarnya.

“Ini kita lakukan dengan meningkatkan peran BLK agar BLK bisa meningkatkan keterampilan anak-anak kita agar siap kerja, kita tarik tenaga pengajar di bidang spesialisasi yang dibutuhkan, saya berharap tenaga ahli di perusahaan bisa digantikan oleh Sulteng. anak-anak,” kata Rusdi Mastura…

Rektor IAIN Palu, Profesor Sagaf S. Pettalongi, MD (FOTO ANTARA / GO – Biro Tata Usaha Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah)

Artikel sebelumyaSetahun kemudian, Lyodra akhirnya merilis album pertamanya.
Artikel berikutnyaIsolasi RS COVID-19 Kudus turun menjadi 32 persen