Beranda Nusantara Banjir merendam 16 desa di Aceh Selatan, berimbas ribuan

Banjir merendam 16 desa di Aceh Selatan, berimbas ribuan

Meulabo (ANTARA). Sebanyak 16 desa yang berada di delapan kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir dengan ketinggian air setinggi 50 sentimeter setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

“Banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Aceh Selatan disebabkan oleh hujan deras disertai angin kencang,” kata Haslinda Juvita, Pejabat Pengelola Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Rabu (7/7).

Ada juga sebaran lokasi banjir dan jumlah warga yang terkena bencana, kata Haslinda, di antaranya di Kecamatan Labukhan Haji meliputi Desa Padang Baru (79 KK/237 jiwa), Desa Lembah Baru (90 KK/271 jiwa). ). ), Desa Baru Tengah (81 KK/245 jiwa).

Kemudian di Kecamatan Sawang meliputi Desa Sikulat (21 KK/188 jiwa), Desa Mutiara (51 KK/156 jiwa), Desa Meuligo (2 KK/7 jiwa) dan satu desa di Kecamatan Meukek yaitu Desa Udara Dingin. (97 keluarga / 300 jiwa. Jiwa).

Sementara itu, di Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan, banjir juga terjadi di Desa Beutong (70 KK/216 jiwa), Desa Ujung Gunong Rayeuk (99 KK/323 jiwa), Desa Ujung Gunong Kat (34 KK/91 jiwa). ).

Di kawasan Klyut-Tengakh, banjir juga menggenangi Gampong-Jumbo-Papeun (18 KK/102 jiwa), Gampong-Jumbo-Teuka (10 KK/36 jiwa), Gampong Si Urai-Urai (1 k.k./4 jiwa, dan di Klute Utara, jumlah rumah di Gampon Keude Padang terendam banjir (30 KK/122 jiwa).

“Data banjir Gampong Bata Mekanang, Kecamatan Labuhan Hadji Barat dan Gampong Alu Simera, Kabupaten Samadua masih dikumpulkan dari BNBR Aceh Selatan,” tambah Haslinda Juvita.

Ditambahkannya, bencana alam di kawasan itu juga mengakibatkan kerusakan parah di setiap jembatan di Kecamatan Labukhan Hadji Barat dan Samadua Kabupaten Aceh Selatan.

Sementara itu, sebuah rumah di Desa (Gampong) Si Urai-Urai, Kecamatan Kluut-Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, juga terancam ambruknya sungai akibat banjir, katanya.

Artikel sebelumyaAktor Bollywood Dilip Kumar meninggal dunia
Artikel berikutnyaTakuya Kimura akan muncul di serial "Roy"