Beranda Nusantara BBKSDA Sumut hambat perdagangan sisik trenggiling

BBKSDA Sumut hambat perdagangan sisik trenggiling

Medan (ANTARA) – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut bersama Polres Tapanuli Utara mencegah perdagangan organ hewan yang dilindungi yakni sisik trenggiling seberat 5 kg (Manis javanica).

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Wilayah IV Tarutung Manigor Lumbantoruan di Medan, Jumat mengatakan, petugas menangkap satu pelaku berinisial RS saat menyelesaikan kasus perdagangan sisik trenggiling.

Penyelidikan berawal dari informasi yang diperoleh BBKSDA tentang perdagangan sisik trenggiling di kawasan Tapanuli Utara.

Berdasarkan informasi tersebut, petugas BBKSDA bekerjasama dengan Polres Tapanuli Utara melakukan penyelidikan dan pada Rabu (17/11) berhasil menangkap pelaku di Jalan Balig – kilometer 1 Tarutung. “Dari tangan pelaku, petugas mendapatkan barang bukti berupa sisik trenggiling seberat 5 kilogram,” ujarnya.

Menurut pengakuan pelaku, rencananya akan memperdagangkan sisik trenggiling secara ilegal.

Trenggiling merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Konservasi Tumbuhan dan Jenis Satwa juncto Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/ KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Pasal 21 ayat 2 huruf d Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, menyatakan bahwa setiap orang dilarang memperdagangkan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh atau bagian lain dari satwa yang dilindungi atau barang yang dibuat dari bagian tubuh hewan atau memindahkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia.

Barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan ini, menurut pasal 40 ayat 2, diancam dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta.

Artikel sebelumyaTerima Dubes Denmark, Menkominfo Diskusikan Teknologi Kebencanaan dan Kesehatan
Artikel berikutnyaGerhana bulan sebagian terlihat jelas di langit Manokwari.