Beranda Nusantara BBMKG: Minggu kedua gempa 41 September melanda Aceh dan Sumatera Utara

BBMKG: Minggu kedua gempa 41 September melanda Aceh dan Sumatera Utara

Berdasarkan sebaran kegempaan, aktivitas kegempaan di Aceh dan Sumatera Utara sangat bergantung pada aktivitas seismik di sekitar Sesar Sumatera dan sebagian di zona subduksi di pantai barat Sumatera.

Medan (ANTARA) – Pusat Gempa Regional, Pusat Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (PGR BBMKG), Wilayah 1 Medan menyatakan 41 gempa terjadi pada minggu kedua September 2021.

Marzuki Sinambela, Peneliti Pusat Gempa Bumi Wilayah BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela di Medan, mengatakan, Minggu, gempa yang terjadi pada pekan kedua atau 3-9 September 2021 itu memiliki magnitudo yang bervariasi.

Ada 40 gempa dengan kekuatan di bawah 4,0 dan satu dengan kekuatan 4,0 hingga 5,0.

“Berdasarkan sebaran kegempaan, aktivitas kegempaan di Aceh dan Sumatera Utara sangat bergantung pada aktivitas seismik di sekitar Sesar Sumatera dan sebagian di zona subduksi di pantai barat Sumatera,” katanya.

Sementara itu, Staf Analis PGR 1, Levi Ristillono, MS mengatakan, dari 41 gempa yang terjadi pada minggu kedua September, episentrum gempa terjadi di darat dengan 32 kejadian dan di laut dengan 9 kejadian.

Kedalaman dibagi menjadi dua kategori: gempa dangkal (kurang dari 60 km) dengan 34 kejadian dan gempa sedang (60 hingga 300 km) dengan 7 kejadian.

“Belum ada gempa signifikan dan sudah dirasakan minggu kedua ini, masyarakat harus tetap waspada dan tidak panik. Jaga reaksi cepat terhadap informasi BMKG. Jaga jarak jika terjadi gempa bumi serius saat pandemi,” ujar Levi Ristillono.

Artikel sebelumyaSungai Rungan-Kahayan meluap, Palangka Raya mulai meluap
Artikel berikutnyaKementerian Kehakiman dan Hak Asasi Manusia menyumbangkan mayat tahanan yang terbunuh dalam kebakaran penjara kepada keluarga mereka