Beranda Warganet Biaya terapi sel punca bisa mencapai ratusan juta, tergantung berat badan Anda.

Biaya terapi sel punca bisa mencapai ratusan juta, tergantung berat badan Anda.

Harga satu sel punca adalah Rp 2,2, jadi dibutuhkan 50 juta sel punca untuk berat badan 50 kg, yang setara dengan Rp 110 juta.

Jakarta (ANTARA) – Biaya terapi sel punca mesenkim tali pusat berkisar antara puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung berat badan pasien Covid-19 yang kritis.

“Kami menyediakan satu juta sel punca per kilogram berat badan,” kata Guru Besar Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT(K) dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Ismail mengatakan, harga satu sel punca Rp 2,2, jadi dibutuhkan 50 juta sel punca untuk berat badan 50 kg setara dengan Rp 110 juta.

Sel punca mesenkim diperoleh dari produksi UPT Stem Cell TK RSCM-FKUI-KF.

Kemampuan tersebut di atas menghasilkan hingga 72 miliar sel punca per tahun, sehingga dapat dipenuhi jika diperlukan.

Namun untuk penggunaan saat ini masih merupakan layanan penelitian, sehingga belum dapat digunakan secara komersial.

Sebuah studi oleh Ismail Hadisoebroto Dilogo membuktikan bahwa pengenalan terapi sel punca mesenkim tali pusat menurunkan angka kematian pada pasien Covid-19 yang memiliki gejala kritis dan yang diintubasi.

Hasil penelitian, yang dipublikasikan dalam jurnal internasional terkenal STEM CELLS Translational Medicine, juga menyimpulkan bahwa pasien dengan gejala kritis yang menerima sel punca dua kali lebih mungkin untuk bertahan hidup dibandingkan mereka yang tidak menerima sel punca.

Saat ini sedang dilakukan penelitian tentang terapi sel punca mesenkim tali pusat untuk kasus sedang hingga berat di Rumah Sakit Persahabatan dan Universitas Indonesia.

Artikel sebelumyaPengenalan vaksinasi di salon Lebak mengoptimalkan penerimaan dan pengiriman
Artikel berikutnyaVaksin Merah Putih Unair menjalani uji praklinis pada hewan kera