Beranda Nusantara BMKG: Di beberapa daerah hujan deras-angin kencang

BMKG: Di beberapa daerah hujan deras-angin kencang

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan peringatan dini hujan lebat, petir, dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Minggu.

Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua, dan Papua Barat diperingatkan kemungkinan hujan sedang hingga lebat disertai petir, menurut informasi yang dikutip dari situs web BMKG.

Sirkulasi siklonik terpantau di bagian barat Papua yang membentuk zona perlambatan (konvergensi) kecepatan angin, yang memanjang dari perairan utara Papua hingga pantai barat Papua, serta sirkulasi siklonik di perairan barat Bengkulu. . …

Daerah konvergensi lainnya membentang dari Benkulu bagian selatan hingga bagian utara Jambi, dari Kalimantan Timur hingga perairan utara Kalimantan bagian utara, dan dari Laut Banda bagian barat hingga Laut Maluku bagian selatan.

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi.

BMKG juga meminta masyarakat mengetahui kemungkinan angin kencang di wilayah Gorontalo, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Untuk Provinsi Aceh, BMKG meminta masyarakat mengetahui potensi suhu yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan kekeringan.

Artikel sebelumya"Tangkap 22" serial perang komedi
Artikel berikutnyaMinhyuk BTOB dinyatakan positif COVID-19