Beranda Nusantara BMKG: Di sebagian Kaltim, hujan deras disertai angin kencang sejak Kamis hingga...

BMKG: Di sebagian Kaltim, hujan deras disertai angin kencang sejak Kamis hingga Jumat.

Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai hal yang dapat mengganggu aktivitas warga, sehingga semua pihak harus selalu waspada.

Balikpapan (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat di beberapa wilayah Kaltim diperkirakan akan turun pada Kamis hingga Jumat (7-8/4), yang dapat disertai petir dalam jangka pendek dan hujan lebat. angin kencang. ).

“Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai hal yang dapat mengganggu aktivitas warga, sehingga semua pihak harus selalu waspada,” kata Peramal Kelas I Sultan Aji Muhammad Suleiman (SAMS) Stasiun Meteorologi Sepinggan BMKG Balikpapan Karolina Mailita Sibarani, di Balikpapan, Rabu .

Dampak hujan lebat dan badai petir yang dapat disertai angin kencang antara lain banjir, banjir sungai, jalan licin, pohon tumbang dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan dan kehati-hatian harus menjadi prioritas semua pihak.

Peringatan dini terhadap kejadian yang diprediksikan juga telah dikomunikasikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerah/kota agar dapat diantisipasi dan diminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

Secara umum, lanjutnya, wilayah yang berpotensi hujan lebat dan disertai petir dan angin kencang terjadi pada Kamis di Kecamatan Muara Wahau, Tanjung Redeb, Maratua, Derawan, Laham, Long Bagun, dan Kelay.

Hal ini kemudian terjadi pada hari Jumat di kecamatan Maratua, Long Iram, Thabang, Laham, Sendawar, Melak dan Bengalon.

Sementara itu, secara rinci menurut wilayah/kota, termasuk di Kabupaten Berau pada Kamis sekitar pukul 17.00 WITA, diperkirakan akan terjadi badai petir di empat sub wilayah, yaitu Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Gunung Tabur, dan Sambaliung.

Pukul 20.00 WITA kemungkinan akan terjadi badai petir di wilayah Kelay, Maratua, Sega. Pukul 23.00 WITA hal ini mungkin terjadi di kawasan Pulau Derawan.

“Kembali ke Berau, pada Jumat pagi atau pukul 02.00 dan 05.00 WIB, di wilayah Maratua diprediksi akan terjadi badai petir,” kata Carolyn.

Kemudian ada dua sub wilayah di Kabupaten Mahakam Ulu yang diperkirakan akan terjadi badai petir pada Kamis pukul 1100, 2000 dan 2300 WITA, yaitu wilayah Laham dan Long Bagun.

Artikel sebelumyaBMKG prediksi cuaca hujan di beberapa wilayah Indonesia saat Idul Adha
Artikel berikutnyaKekayaan Antonov An-225 hancur