Beranda Nusantara BMKG: Dua hari ke depan mungkin hujan di wilayah NTB

BMKG: Dua hari ke depan mungkin hujan di wilayah NTB

Hujan sedang hingga lebat diperkirakan di Nusa Tenggara Barat

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam dua hari ke depan.

“Diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam dua hari terakhir di wilayah Nusa Tenggara Barat,” kata Desi Megawati, prakirawan BMKG untuk Stasiun Cuaca Zainuddin Abdul Majid, Lombok, dalam keterangan tertulis di Praya, Selasa.

Kemungkinan hujan pada 19 April di 10 kabupaten/kota NTB yaitu Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima dan Dompu.

Selain itu, pada 20 April berpotensi hujan di wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Bima Sumbawa, Kota Bima, dan Dompu.

Untuk itu, BMKG berharap masyarakat mewaspadai kemungkinan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, dengan akibat bencana alam seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, petir dan pohon tumbang.

“Kemungkinan hujan akan terjadi dari pagi hingga malam hari,” katanya.

BMKG juga mengimbau warga pesisir wilayah NTB untuk mewaspadai gelombang laut yang mencapai 2 meter atau lebih yang dapat menghantam Selat Lombok bagian selatan, Samudra Hindia NTB bagian selatan dan Selat Sape bagian selatan.

“Angin darat bertiup dengan arah dominan dari selatan-barat laut hingga tenggara dengan kecepatan angin 30 km/jam,” katanya.

Artikel sebelumyaBanjir membanjiri Kabupaten Bandung, jalan utama terputus di Dayeuhkolot
Artikel berikutnyaChina mencatat peningkatan kualitas udara dan air pada tahun 2021