Beranda Nusantara BMKG Keluarkan Peringatan Dini Banjir Pesisir Sumba-Sabu NTT

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Banjir Pesisir Sumba-Sabu NTT

Kupang (ANTARA) — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir pantai (hornbeam) di Pulau Sumba dan Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kamis, 11 Agustus 2022 diprediksi akan terjadi banjir di pesisir pantai, sehingga kami menghimbau kepada masyarakat di wilayah yang berpotensi terkena bencana untuk lebih waspada,” kata Syaeful Hadi, Kepala Stasiun Meteorologi Laut Tenau Kupang, dalam keterangan yang diterima di Kupang. , Rabu.

Ia menjelaskan, kemungkinan terjadinya perampokan tersebut karena fenomena fase bulan purnama yang bertepatan dengan perigee (jarak terdekat bulan dengan Bumi) pada 10 Agustus 2022.

Kondisi ini, kata dia, bisa menyebabkan kenaikan pasang maksimum yang lebih besar.

Syaeful menjelaskan berdasarkan data pantauan ketingian air dan prakiraan pasang surut, kondisi eksisting mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah NTT berupa banjir pesisir di Pulau Sumba dan Kepulauan Sabu Raihua.

Ia mengatakan, ancaman banjir pesisir dapat berdampak pada berbagai aspek seperti terganggunya lalu lintas di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Selain itu, mengganggu aktivitas produsen garam dan perikanan di perairan pedalaman, serta bongkar muat di pelabuhan.

Syaeful mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap mengantisipasi akibat kerugian akibat banjir pesisir.

“Kami juga merekomendasikan agar masyarakat terus mengupdate informasi cuaca laut terkini yang diberikan oleh BMKG agar dapat memahami kondisi lingkungan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaLegiun Veteran mengajak ilmuwan UPN untuk menjaga tradisi pengabdian tetap hidup
Artikel berikutnyaChina akan membangun lebih banyak taman kantong pada tahun 2022