Beranda Nusantara BMKG laporkan lima titik api di Riau

BMKG laporkan lima titik api di Riau

Lima pot tuan rumah kuning sedang terlihat khusus untuk Riau sore ini.

Pekanbaru (ANTARA) – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun meteorologi SSK II Pekanbaru, Ramlan mengatakan, hingga Jumat pukul 16.00 WIB terdapat 5 titik panas di Riau.

“Khusus Riau sore ini diketahui ada lima titik tengah kuning, artinya lima lokasi itu kemungkinan hanya titik api,” kata Ramlan di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, kelima lokasi tersebut hanya titik panas karena kondisi cuaca masih mendung dan masih terjadi hujan ringan di sebagian kecil Pulau Meranti, Kampar, dan Inhil.

Sebelumnya, kata dia, enam titik api dari tiga wilayah terlacak, yakni tiga titik api di Kabupaten Bengkalis, dua titik api di Siak, dan 1 titik api di kota Dumai.

Selain Riau, beberapa provinsi lain di Sumatera juga memiliki titik api, yang terbanyak adalah Sumatera Utara yang tercatat sebanyak 14 titik api.

Kemudian Bangka Belitung delapan titik, Lampung tiga titik, Jambi dan Sumbar masing-masing dua titik, serta Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau satu titik api.

“Dengan demikian, total titik api di Sumatera hari ini menjadi 37 titik,” katanya.

Oleh karena itu, masyarakat disarankan untuk tidak membakar lahan saat membuka lahan untuk perkebunan baru, karena hal ini sangat buruk bagi lingkungan.

Artikel sebelumyaIndonesia memiliki primata paling beragam di dunia
Artikel berikutnyaDIY Rekrut Psikolog Untuk Membantu Anak Yatim Akibat COVID-19