Beranda Nusantara BMKG melaporkan curah hujan sedang di Sulawesi Tenggara pada bulan Desember.

BMKG melaporkan curah hujan sedang di Sulawesi Tenggara pada bulan Desember.

Dengan pengecualian Kepulauan Konave dan sebagian kecil Colaki Utara, mereka cenderung mengalami kategori curah hujan rendah.

Kendari (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan secara keseluruhan, di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diperkirakan curah hujan sedang pada Desember 2021.

Ana Ifadatun Nisa, Peramal Cuaca di Stasiun Klimatologi BMKG Konave Selatan, mengatakan dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Jumat, secara keseluruhan, di Sulawesi Tenggara diprakirakan curah hujan sedang (51-150 mm) pada awal Desember 2021. /dasaryan).

“Kecuali Kabupaten Konave Kepulauan dan sebagian kecil Kabupaten Colaka Utara, kemungkinan besar akan mengalami curah hujan dengan intensitas rendah,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa secara umum di wilayah Sulawesi Tenggara, mulai awal Desember 2021 hingga awal Januari 2022 diperkirakan curah hujannya sedang (51-150 mm/dasarian).

“Kecuali beberapa bagian Kepulauan Konave yang diprediksi akan mengalami curah hujan rendah (21-50 mm/dasarian) pada awal Desember mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, pada akhir Desember 2021 diperkirakan curah hujan kategori tinggi di beberapa wilayah Kabupaten Konave dan Konave Utara yaitu 151-200 mm/dasarian.

BMKG mengimbau seluruh warga Sultra untuk mewaspadai potensi hujan lebat, petir dan angin kencang.

“Pastikan mendapatkan informasi cuaca/iklim terupdate dari sumber terpercaya di akun resmi BMKG,” kata Ana.

Artikel sebelumyaAkibat hujan deras, jalan nasional yang menghubungkan Sampang-Bangkalan tergenang air.
Artikel berikutnyaTim FMIPA UI membantu mencegah abrasi Pantai Muara Betting.