Beranda Nusantara BMKG memprediksi potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia

BMKG memprediksi potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia, seperti Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip situs BMKG dari Jakarta, Sabtu, BMKG memprediksi hujan lebat disertai angin dan petir dapat terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten.

Situasi serupa mungkin terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara menurut BMKG, wilayah yang hujan dengan intensitas rendah saat ini dapat diamati adalah Kepulauan Bangka-Belitung, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.

Terkait hujan lebat di beberapa wilayah Nusantara, BMKG mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir bandang, dengan provinsi seperti Kepri, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kaltim, Kalteng, Kalbar, dan Kalsel masuk dalam kategori waspada.

Peringatan banjir akibat cuaca hari ini juga telah dikirimkan ke beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, ibu kota Jakarta diprakirakan cuaca cerah berawan sepanjang hari, dengan hujan ringan hanya di Jakarta Selatan pada sore hari.

Artikel sebelumyaJesy Nelson dari Little Mix akan merilis single debut pada 8 Oktober
Artikel berikutnyaCagar Alam Waigeo Barat seluas 575 hektar telah diubah menjadi hutan produksi.