Beranda Nusantara BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan peringatan dini hujan lebat, petir, dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Minggu.

Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat diperingatkan kemungkinan hujan sedang hingga lebat, demikian informasi yang dikutip dari situs BMKG, Jumat.

Kondisi serupa juga diprediksi terjadi di provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat.

BMKG melaporkan bahwa terpantau sirkulasi siklon di Samudera Hindia bagian barat Sumatera yang membentuk zona pertemuan, dan terjadi perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di perairan barat Sumatera Barat hingga Bengkulu.

Daerah sirkulasi siklon lain diamati di Samudra Pasifik timur Filipina. Daerah konvergensi lainnya membentang dari pantai barat Aceh ke Sumatera Utara, ke Bengkulu, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan bagian utara, dari Jawa Tengah bagian barat hingga Banten, dari Papua Barat hingga Maluku Utara, dan meluas ke Papua bagian tengah.

BMKG berpesan, kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar zona sirkulasi siklon dan di sepanjang zona konvergensi.

Artikel sebelumyaVaksinasi COVID-19 untuk Siswa Berkebutuhan Khusus
Artikel berikutnyaAwan panas turun lima kali dari Gunung Merapi