Beranda Nusantara BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan peringatan dini hujan lebat, petir, dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Senin (7 Desember).

Informasi yang dikutip dari situs BMKG, Senin, di Jakarta, Senin menyebutkan bahwa Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan diperingatkan kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Kondisi serupa juga diprediksi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Berdasarkan laporan cuaca harian, BMKG melaporkan bahwa sirkulasi siklon telah diamati di sejumlah wilayah, seperti Laut Cina Selatan di utara Kalimantan Barat, yang membentuk zona pertemuan dan perlambatan (konvergensi) yang memanjang dari Cina. Laut.
Selatan utara Kalimantan dan dari perairan timur Kalimantan Timur hingga pantai utara Kalimantan utara.

Hal ini juga terlihat di bagian selatan Selat Makassar, yang membentuk zona konvergensi yang memanjang dari bagian selatan Sulawesi Tengah hingga bagian selatan Selat Makassar dan membentuk zona pertemuan yang memanjang dari bagian utara Selat Makassar. ke bagian selatan. bagian.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau dari perairan barat Sumatera Utara hingga pantai timur Sumatera Utara, di Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu, di perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar bagian selatan, dari utara Papua hingga Papua Barat. Dan masuk
sepanjang Papua bagian tengah.

Kondisi ini, menurut BMKG, dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi/pertemuan.

Sementara itu, BMKG juga meminta warga wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mewaspadai kemungkinan angin kencang di wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, dan Pulau Sumba.

Selain itu, masyarakat di wilayah NTT juga diminta mewaspadai kemungkinan kebakaran di darat.

Artikel sebelumya"Janda hitam" penghasilan besar dari perfilman Amerika
Artikel berikutnyaLima Drama Korea yang Dibintangi Song Kang selain "Namun"