Beranda Nusantara BMKG: Perlu diingat bahwa di pantai selatan Jawa Barat, dimungkinkan untuk menjarah...

BMKG: Perlu diingat bahwa di pantai selatan Jawa Barat, dimungkinkan untuk menjarah dengan tangan Anda sendiri.

Kami telah mengeluarkan peringatan dini untuk potensi banjir atau perampokan pantai, berlaku mulai 17 hingga 20 Januari 2022.

Chilakap (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta mewaspadai kemungkinan gelombang pasang atau banjir pada 17 Januari mendatang. 20, 2022.

“Akan terjadi fase purnama pada 17 Januari 2022 yang dapat menyebabkan kenaikan muka air laut maksimum yang lebih besar,” kata Tegu Vardoyo, Ketua Tim Teknis BMKG Stasiun Meteorologi Chilacap Tunggul Wulung, di Chilacap. , Senin.

Terkait hal itu, ia mengimbau kepada warga yang tinggal di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir rob atau banjir rob.

Dalam hal ini, kata dia, daerah yang berpotensi banjir rob antara lain pantai selatan Sukabumi, pantai selatan Chianjur, pantai selatan Garut, pantai selatan Tasikmalai, pantai selatan Pangandaran, pantai selatan Chilakapa. , pantai selatan Kebumen, pantai selatan Purvorejo dan pantai selatan Yogyakarta.

“Kami telah mengeluarkan peringatan dini potensi banjir atau perampokan pantai yang berlaku mulai 17-20 Januari 2022,” katanya.

Secara umum kondisi ini dapat mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari, seperti bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, aktivitas di tambak garam, dan penangkapan ikan di perairan pedalaman.

Teguh mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga terhadap dampak gelombang tinggi dan pasang surut air laut yang maksimal, serta memperhatikan update cuaca laut dari BMKG.

Khusus perkiraan waktu pasang maksimum di Cilacapa, kata dia, berdasarkan model prakiraan cuaca, pasang maksimum pada 17 Januari diprakirakan pada pukul 2000 WIB dengan ketinggian 1,9 meter.

Sedangkan pada tanggal 18 Januari pukul 09.00-11.00 ZIP dengan tinggi maksimal 1,3 meter dan pukul 21.00 ZIB dengan tinggi maksimal 1,9 meter, dan pada tanggal 19 Januari pukul 09.00-11.00 ZIP dengan ketinggian maksimal 1,4 meter dan pukul 21.00- 22.00 ZIB dengan tinggi maksimum 1,9 meter.

“Ketinggian gelombang di perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta pada 17-19 Januari 2022 diperkirakan sekitar 2,5-4 meter atau lebih, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan ketika terjadi gelombang pasang,” kata laporan itu. . kata Teguh.

Artikel sebelumyaProgram Khusus "lengan merah" akan disiarkan selama Tahun Baru Cina
Artikel berikutnyaDenzel Washington berbicara tentang film "Ekualiser 3"