Beranda Nusantara BMKG prediksi cuaca hujan di beberapa wilayah Indonesia saat Idul Adha

BMKG prediksi cuaca hujan di beberapa wilayah Indonesia saat Idul Adha

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada periode Idul Fitri 2022 akan turun hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnavati, dalam rapat kerja dan dengar pendapat dengan Komisi V DNR RI yang diikuti secara online di Jakarta, Rabu, menjelaskan dalam paparannya bahwa hujan diprediksi di zona merah.

Cuaca menjelang Lebaran diprakirakan pada 25 April-1 Mei 2022 hujan merata di sejumlah wilayah antara lain Sumatera, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

“2-4 Mei, warna merah mulai bergeser ke barat, di selatan Sumatera, di Jawa bagian tengah, kemudian di beberapa wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Indonesia bagian timur relatif lebih aman, kecuali Papua bagian tengah,” kata Dvikorita.

Selain itu, pada periode pasca Lebaran yakni 4 Mei hingga 10 Mei 2022, wilayah yang berpotensi hujan lebat menyempit ke wilayah Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan hingga Lampung.

Kemudian kondisi gelombang pada April-Mei, jika tidak ada badai tropis, maka di perairan Indonesia ombaknya relatif rendah, maksimal satu meter.

“Kalau bahayanya ada di Samudera Hindia, mulai kuning-oranye, bahkan merah. Jadi daerah-daerah itu yang perlu diawasi,” katanya.

Dvikorita meminta warga untuk terus mengikuti infoBMKG melalui mobile app, channel YouTube dan berbagai jejaring sosial untuk mendapatkan informasi prakiraan cuaca terkini.

Artikel sebelumyaPejabat Ambon dan ASN dilarang berbuka puasa bersama dan "rumah terbuka"
Artikel berikutnyaBMKG: Di sebagian Kaltim, hujan deras disertai angin kencang sejak Kamis hingga Jumat.