Beranda Nusantara BMKG prediksi hujan deras 110,2 mm menyebabkan banjir di Kalsel

BMKG prediksi hujan deras 110,2 mm menyebabkan banjir di Kalsel

Banjarbaru (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan hujan deras dengan volume air mencapai 110,2 milimeter (mm) pada Rabu menyebabkan banjir di beberapa wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Dengan demikian, curah hujan yang turun pada Selasa (1 November) termasuk dalam kategori hujan sangat lebat sehingga mengakibatkan banjir,” kata peramal Stasiun Meteorologi Syamsudin Nur Banjarmasin Muhammad Shaaymul Qadri di Banjarbaru, Rabu.

Ia menjelaskan, cuaca ekstrem tersebut disebabkan oleh dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Kalsel. Pergerakan uap air dari Pasifik Timur ke Pasifik Barat (La Niña) dan suhu permukaan laut yang lebih hangat dari biasanya membuat awan hujan lebih mungkin terbentuk.

Selain itu, di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Timur dan di bagian utara Australia terdapat sirkulasi siklon yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin dan daerah pertemuan angin yang salah satunya terletak di Kalimantan Selatan.

“Kondisi ini dapat menyuburkan massa uap air dari Laut Jawa yang menyebabkan tumbuhnya awan konvektif masif di sekitar Kalsel,” kata Shaaymul.

Secara keseluruhan Januari 2022 merupakan puncak musim hujan di Kalsel, menurut Stasiun Klimatologi Banjarbaru, sehingga peluang hujan lebat pada bulan ini masih akan sering terjadi.

Daerah yang harus diwaspadai adalah Kalimantan Selatan bagian selatan dan barat seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tenga.

“Potensi pasang surut masih cukup tinggi, antara 2 hingga 2,5 meter di muara Sungai Barito dan Kabupaten Kotabaru pada malam dan dini hari,” tambahnya.

Artikel sebelumya150 rumah terendam banjir di Lebak
Artikel berikutnyaSukabumi diguncang dua gempa dalam satu jam