Beranda Nusantara BMKG: Sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi hujan ringan

BMKG: Sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi hujan ringan

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan pada Minggu.

Berdasarkan informasi yang disajikan dalam tayangan Youtube di Jakarta, berdasarkan pantauan BMKG, masih ada sirkulasi siklon di Teluk Thailand dan Samudra Hindia Selatan di Jawa Barat.

Kemudian masih adanya sirkulasi siklon di kawasan Laut Sulawesi bagian utara dan Samudra Pasifik bagian utara Papua, yang mengarah pada terbentuknya daerah konvergensi memanjang.

Kisarannya dimulai dari Laut Natuna bagian utara hingga Teluk Thailand, kemudian di Samudra Hindia bagian selatan di wilayah Jawa Barat, di Jawa Tengah di selatan, di Filipina, dan juga di bagian utara. Samudera Pasifik di wilayah Papua Barat dan Papua.

Kondisi ini menyebabkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar area sirkulasi siklon, serta di sepanjang area konvergensi.

Dengan demikian, di wilayah Sumatera dimungkinkan terjadi kabut di wilayah Pekanbaru, kemudian di wilayah Tanjungpinang berawan, dan di wilayah Pankalpinang serta di wilayah Medan dimungkinkan terjadi hujan ringan.

Masyarakat diminta mewaspadai potensi badai petir di wilayah Banda Aceh, kemudian kemungkinan kabut di wilayah Palembang dan Jambi serta cuaca cerah berawan di wilayah Padang.

Namun, perlu diketahui bahwa hujan sedang mungkin terjadi di wilayah Bengkulu dan Bandar Lampung.

Selain itu, di wilayah Jawa kemungkinan hujan ringan di Jakarta dan Surabaya, serta diwaspadai kemungkinan hujan sedang di wilayah Serang, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Sementara itu, di Kalimantan diprakirakan hujan ringan, dan potensi badai petir di wilayah Pontianak dan Tanjung Selor perlu diwaspadai.

Di wilayah Denpasar dan Kupang diprediksi akan berawan atau mendung, namun di wilayah Mataram kemungkinan akan terjadi hujan ringan.

Selain itu, wilayah Sulawesi didominasi oleh curah hujan ringan di sebagian besar wilayahnya. Waspadai kemungkinan badai petir di wilayah Kendari.

Terakhir, dominasi peluang hujan ringan dimulai dari Kabupaten Ternate, Ambon, Manokwari dan Jayapura.

Artikel sebelumyaIndonesia Dorong Peningkatan Pembiayaan Lingkungan Swasta untuk G20
Artikel berikutnyaBMKG: Probabilitas gelombang sangat tinggi – 6 meter di bagian utara Laut Natuna.