Beranda Nusantara BMKG Sebut Tujuh Kabupaten di Maluku Mungkin Masih Cuaca Buruk

BMKG Sebut Tujuh Kabupaten di Maluku Mungkin Masih Cuaca Buruk

Tujuh wilayah: Kabupaten Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT) di Maluku Tengah, Kota Ambon dan Pulau Aru.

Ambon (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ambon-Pattimura memprediksi tujuh kabupaten di Provinsi Maluku masih berpotensi mengalami cuaca buruk selama sepekan ke depan antara 12-18 Juli 2021.

“Ketujuh wilayah tersebut adalah Buru Regensi, Buru Selatan, Seram Barat (SBB), Seram Timur (SBT) di Maluku Tengah, Kota Ambon dan Kepulauan Aru,” kata Kepala Stasiun Cuaca BMKG Pattimura Ambon, Kamari, Senin di Ambone. …

Untuk itu, kata dia, warga dihimbau untuk mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir, guntur, dan angin kencang yang dapat terjadi di tujuh wilayah.

Dia mengatakan analisis menunjukkan bahwa angin timur masih berlaku di wilayah Maluku.

Selain itu, terpantau aktivitas gelombang atmosfer Hukum Khatulistiwa di wilayah Maluku.

Selain itu, terdapat fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang teramati pada fase ketiga (Samudera Hindia) yang berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di Indonesia.

Kenaikan awan cumulonimbus menyebabkan curah hujan sedang hingga lebat disertai petir, kilat dan angin kencang, yang mungkin masih terjadi untuk beberapa waktu, kata Kamari.

Ia menjelaskan, cuaca buruk berdampak pada penurunan jarak pandang secara tiba-tiba dan dampak kemungkinan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Oleh karena itu, masyarakat juga dihimbau untuk mewaspadai kemungkinan kondisi cuaca ekstrim seperti hujan lebat dan sangat deras yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang pada saat musim hujan, kata Kamari.

Artikel sebelumyaLima Drama Korea yang Dibintangi Song Kang selain "Namun"
Artikel berikutnyaBanjir dan longsor melanda Ambon, Zloty dalam keadaan darurat