Beranda Nusantara BP Batam imbau warga hentikan penambangan pasir di dekat waduk

BP Batam imbau warga hentikan penambangan pasir di dekat waduk

BP Batam mengingatkan bahwa waduk adalah satu-satunya sumber air bagi seluruh warga Batam

Batam, Kepulauan Riau (ANTARA) – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Kepulauan Riau mengimbau warga menghentikan penambangan pasir di sekitar waduk agar tidak merusak ketersediaan air bersih.

“BP Batam menghimbau kepada masyarakat untuk menghentikan kegiatan tersebut atau kegiatan ilegal lainnya di sekitar waduk untuk menjaga ketersediaan air dari waduk tersebut,” kata Ariastuta Sirait, Kepala Biro Humas dan Protokol BP Batam, di Batam, Selasa. .

BP Batam mengingatkan, waduk tersebut merupakan satu-satunya sumber air bagi seluruh warga Batam. Selain itu, waduk merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan vital kota Batam, sehingga memelihara waduk bukanlah hal yang mudah.

“Ini bukan tentang berapa biaya atau material atau uang yang akan dikeluarkan untuk menjaga operasional waduk, tetapi juga upaya petugas dan BP Batam untuk melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh pihak-pihak tertentu,” kata penambang pasir itu, ”katanya. . …

Menurut dia, penambangan pasir di waduk Kota Batam berbahaya bagi stabilitas dan umur waduk.

Keberadaan tambang pasir di sekitar waduk juga dapat menyebabkan sedimentasi dan menurunkan kualitas air baku. Apalagi saat hujan. Pasir hasil tambang akan mengalir ke reservoir dan berubah menjadi lumpur.

Selain berdampak pada air baku, penambangan pasir ilegal juga membuat perairan pesisir menjadi keruh dan keruh.

“BP Batam melakukan patroli setiap hari untuk menjaga agar waduk tetap tua dari endapan penambang pasir,” kata Ariastuta Sirait.

Artikel sebelumyaDaehakro mungkin menjadi tujuan wisata pilihan di Seoul bagi pecinta seni.
Artikel berikutnyaGubernur Gorontalo minta BPN Gorontalo kejar target sertifikasi tanah