Beranda Warganet BPBD NTT: semua posko aktif, kena angin kencang

BPBD NTT: semua posko aktif, kena angin kencang

Kupang (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur meminta seluruh posko bencana di setiap kabupaten/kota di provinsi itu diaktifkan untuk menghadapi ancaman angin kencang yang diperkirakan melanda sebagian wilayah pulau tersebut.

“BPBD Kabupaten/Kota harus memastikan kesiapan sarana dan prasarana, serta pengaktifan pokso masing-masing untuk mengatasi fenomena angin kencang ini,” kata Kepala BPBD NTT Provinsi Ambrosius Kodo dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa.

Menurut stasiun meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kemungkinan angin kencang dengan kecepatan 40-45 km/jam melanda Pulau Timor, Pulau Rote, dan Pulau Sabu.

Peringatan dini fenomena angin kencang ini diperkirakan terjadi pada 6 hingga 8 September 2021.

Oleh karena itu, ia meminta BPBD Kabupaten/Kota untuk terus waspada dan melakukan sejumlah langkah proaktif, seperti tetap bersilaturahim dan berkoordinasi dengan BMKG terkait kejadian angin kencang.

Selain itu, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai media tentang fenomena angin kencang dan dampak risiko yang mungkin ditimbulkan, khususnya bagi warga tiga pulau terdampak.

“Kemudian, sesegera mungkin, laporkan berbagai bencana alam secara bertahap,” kata Ambrosius Kodo.

Artikel sebelumyaBasarnas menggunakan kapal SAR untuk mencari kapal mati di perairan Sulawesi Tengah.
Artikel berikutnyaPPKM level 3, Batam tidak membuka sekolah fulltime