Beranda Warganet BPOM uji sampel taqil di dua lokasi di Ambon

BPOM uji sampel taqil di dua lokasi di Ambon

Ambon (ANTARA) – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku telah menguji sampel taqil di dua lokasi di Kota Ambon untuk memastikan keamanan pangan bagi masyarakat.

“Pengujian sampel dilakukan di dua tempat berbeda, yakni di Masjid Raya Al-Fath dan di kawasan Batu Merah. Dari 33 sampel yang kami uji, semuanya tidak mengandung bahan berbahaya,” kata Kepala BPOM Maluku Hermanto di Ambon. , Rabu.

Dikatakannya, uji keamanan tajila dilakukan di kendaraan laboratorium keliling di BPOM, antara lain minuman seperti es dan berbagai jenis kue.

Sebanyak 18 dari 33 sampel yang diambil dari kawasan Masjid Raya Al-Fath dan 15 sampel dari Batu Merah diuji parameter kimianya yaitu boraks, formalin, rhodamin b dan methanol yellow.

Sebanyak 10 sampel akan dilakukan uji mikrobiologi di laboratorium BPOM untuk pemeriksaan bakteri e-coli guna memastikan kemurniannya, termasuk penggunaan air dan bahan baku.

“Kami berharap hasilnya memenuhi syarat yakni tidak mengandung bahan kimia berbahaya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Peloupessi mengatakan, pengawasan takjeel dilakukan bersama BPOM dan Disperindag untuk memastikan masyarakat mengonsumsi makanan yang sehat dan bebas dari bahan berbahaya dan kontaminasi akibat bakteri.

“Untuk penggunaan bahan kimia alhamdulillah dari beberapa titik sampel yang kami ambil semuanya negatif. Artinya kesadaran penduduk atau penjual juga sudah baik,” ujarnya.

Artikel sebelumyaKilas Nusantara di antara pagi
Artikel berikutnya41 sampel makanan dan tajiel di Pekanbaru diverifikasi oleh BBPOM