Beranda News CPU mengumumkan hari pemungutan suara untuk pemilihan serentak 2024

CPU mengumumkan hari pemungutan suara untuk pemilihan serentak 2024

Jakarta (ANTARA) –

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia secara resmi telah mengumumkan hari pemungutan suara untuk pemilihan umum serentak 2024 yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024, sebagaimana tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 21 Tahun 2022, kata Ketua KPU Ilham. Saputra di Jakarta, Senin.

“Dengan kegiatan hari ini, kami berharap masyarakat mengetahui bahwa pemilihan umum serentak 2024 akan berlangsung pada 14 Februari 2024,” kata Ilham di Jakarta, Senin.

Ditambahkannya, pembukaan hari pencoblosan tentunya juga menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat agar memahami dan ikut menyelenggarakan pemilu serentak tahun 2024.

“Saya berharap apa yang kita pikirkan bersama, apa yang kita impikan bersama, untuk mewujudkan demokrasi yang kuat di Indonesia melalui pemilu yang jujur ​​dan profesional, serta pemilu yang jujur, adil dan layak, dapat kita capai,” ujarnya.

Keberhasilan pemilu yang diimpikan, lanjutnya, hanya bisa terwujud jika semua elemen bersinergi, seperti pemerintah, KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), partai politik. , pihak terkait masyarakat.

“Bagaimana kita bisa memahami bagaimana pemilu ke depan (supaya) bisa terselenggara dengan damai dan terselenggara dengan aman dan damai, saya kira begitu,” kata Ilham.

Dimulainya hari pemungutan suara untuk pemilihan serentak 2024, Senin malam, bertepatan dua tahun sebelum hari pemungutan suara. Dalam dua tahun ke depan, berbagai tahapan pemilu akan digelar, seperti penerbitan Daftar Pemilih Tetap (PVI), teknis pemilu, pendaftaran bakal calon, verifikasi bakal calon, identifikasi bakal calon, kampanye. .

Artikel sebelumyaBupati Bantul: Pencegahan terorisme adalah tanggung jawab bersama
Artikel berikutnyaDPD imbau calon anggota BPK untuk mengungkapkan kebenaran hasil pemeriksaan