Beranda Trending Cut Mini sampai Prilly Latuconsina berbicara tentang pembuat film wanita

Cut Mini sampai Prilly Latuconsina berbicara tentang pembuat film wanita

Jakarta (ANTARA). Empat Duta Festival Film Indonesia 2022 (FFI), yakni Kat Mini, Marsha Timothy, Shenina Sinnamon dan Prilli Latukonsina berbagi pandangan tentang potret perempuan di perfilman Indonesia.

“Sejak dulu, perempuan memiliki peran penting dalam perfilman Indonesia. Banyak artis wanita yang telah membawa nama Indonesia ke luar. Perempuan bukan hanya pemanis, mereka berperan dalam film dan bidang lainnya,” kata Kath Mini dalam konferensi pers FFI 2022, dikutip Kamis.

Bagi Cut Mini, sineas perempuan dapat membawa dan menciptakan karya dari hati yang ditunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan tradisi yang dituangkan ke dalam film dan perbuatan baik.

“Banyak pelukis Indonesia yang namanya semakin dikenal di luar negeri dan menghasilkan karya-karya bagus. Perempuan Indonesia adalah kebanggaan perempuan Indonesia, masyarakat Indonesia dan perfilman Indonesia,” imbuhnya.

Di sisi lain, Marsha Timothy menyinggung pentingnya ruang yang aman bagi sineas perempuan.

“Ruang aman bagi perempuan dalam perfilman Indonesia harus seperti teman sejati. Kemampuan untuk mendengarkan, berbagi perasaan tanpa takut dihakimi, dan menawarkan solusi jika diminta… Ruang aman ini harus semakin didorong di perfilman Indonesia,” kata Masha.

Menurut Cut Mini dan Marsha Timothy, Shenina Cinnamon mengatakan bahwa bekerja dengan wanita lain menciptakan ruang kerja dan kreativitas yang lebih nyaman dan aman.

Prilly Latukonsina menambahkan, sineas perempuan di Indonesia berperan besar dan bisa memimpin produksi film.

“Perempuan memainkan peran besar dalam industri film. Mereka berani berkarya, memimpin produksi yang kemudian bisa dirintis, menginspirasi generasi muda untuk berani berkreasi dan memberi dampak,” ujar Prilli.

Sementara itu, Panitia FFI 2021-2023 menetapkan Festival Film Indonesia Piala Citra (FFI) 2022 dengan tema “Perempuan: Citra, Karya & Karsa” untuk mengapresiasi peran perempuan yang lebih besar dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia.

FFI Awards tahun ini akan berlangsung pada 22 November 2022.

Artikel sebelumyaMerangkul gairah, inklusivitas, dan harapan melalui sinema
Artikel berikutnyaCinta Laura selalu menikmati promosi saat berbelanja online.