Beranda Nusantara Digigit komodo, pemandu wisata Loch Buaya-BTNK pulih.

Digigit komodo, pemandu wisata Loch Buaya-BTNK pulih.

Pemandu Anton menggigit komodo di area selangkangan. Dia berusaha menghilangkan gigitan naga dengan tangan kirinya, yang menyebabkan luka parah.

Labuan Bajo, NTT (ANTARA) –

Seorang pemandu alam di Loh Buya, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN), Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Wilayah I di Mangaray Kabupaten Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Anton kini pulih dari gigitan komodo pada September lalu. 28 2021

“Pada 4 Oktober, Anton dibawa ke Rumah Sakit Siloam untuk pemeriksaan luka dan mengganti balutan. Belum ada aduan darinya,” kata Lukita Avang, Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), saat dihubungi di Labuan Bajo, Rabu.

Sementara itu, keterangan tertulis yang diterima ANTARA menyebutkan Anton digigit komodo saat menjaga infrastruktur wisata alam resort Loh Buyai pada pukul 16.50 WITA.

Dia jatuh, menjaga dan menjauhkan naga dari para pekerja.

Pemandu Anton menggigit komodo di area selangkangan. Dia berusaha menghilangkan gigitan naga dengan tangan kirinya, yang menyebabkan luka parah.

Ia kemudian dibantu oleh ranger dan pemandu alam lainnya dan digigit komodo pada pukul 16.55 WITA.

Selain itu, Anton juga mendapat bantuan darurat sambil menunggu panggilan ke Loch Boy.

Speedboat BTNK tiba pada pukul 17.30 WITA dan membawa Anton kembali ke Labuan Bajo untuk segera dibawa ke RS Siloam. Anton saat ini sedang menjalani perawatan intensif dan dalam masa pemulihan.

Berkaitan dengan kejadian ini, dia mengimbau para wisatawan untuk lebih berhati-hati dan bijaksana dalam bertindak di wilayah Taman Nasional Komodo.

“Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Lukita Avang.

Artikel sebelumyaLemhanns fokus pada ulasan "kekuatan lembut" bersiap untuk Indonesia 2045
Artikel berikutnyaIndro Warkop mengatakan tidak ada jalan bagi Warkop