Beranda Nusantara DLH Kaltim Bersihkan Sungai Peringati HPSN 2022

DLH Kaltim Bersihkan Sungai Peringati HPSN 2022

Semoga tema murni ini bisa diterapkan oleh masyarakat Kaltim.

Samarinda (ANTARA) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim telah melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai dan membagikan sedekah berharga dalam rangka memperingati Hari Pengelolaan Sampah Nasional (HPSN) dan Hari Pembersihan Dunia 2022 (WCD) di Provinsi Kaltim.

Kegiatan masyarakat membersihkan Sungai Karang Mumus Kota Samarinda, tempat berkumpulnya berada di Oda Bekesha atau Jembatan Niaga Kota Samarinda dengan tempat acara di Jembatan Niaga, Jembatan Baru, Jembatan Lambung Mangkurat, Jembatan Arif Rahman Hakim dan Satwa Kota Samarinda. Jembatan, Jumat pagi.

Puluhan ASN di lingkungan Pemprov Kaltim dan Kota Samarinda turun langsung ke Sungai Karang Mumus menggunakan perahu karet untuk mengumpulkan sampah yang mencemari air sungai.

Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur E.A. Rafiddin Rizal mengatakan, membuang sampah ke wilayah sungai dapat menimbulkan bencana alam mulai dari pencemaran sungai hingga banjir.

Bahkan, lanjut Rafiddin, sebagian dari sampah ini masih bisa dimanfaatkan, dikelola, bahkan memiliki nilai ekonomis.

“Peringatan HPSN ini menjadi salah satu insentif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pengelolaan dan produksi sampah yang efisien,” katanya.

Ia berharap masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, cerdas dan tidak membuang sampah sembarangan.

Apalagi tidak semua sampah tidak berguna dan bisa didaur ulang untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Perayaan HPSN 2022 ini bertemakan pengelolaan sampah, pengurangan emisi, pembangunan Proklim dan kami berharap tema bersih ini dapat diwujudkan oleh masyarakat Kaltim,” ujar Rafiddin Rizal.

Artikel sebelumyaKorlantas Polri memperbarui seragam polisi lalu lintas
Artikel berikutnyaPolisi menyerukan toleransi untuk persatuan melalui "Suara Rohani Indonesia"