Beranda News DPD-Kemendagri sepakat Pilkada 2024 tidak ditunda

DPD-Kemendagri sepakat Pilkada 2024 tidak ditunda

Jakarta (ANTARA) – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sepakat Pilkada 2024 tidak ditunda.

“Pemilu dan pemilihan kepala daerah akan dilaksanakan serentak pada waktu yang telah ditentukan,” kata Fakhrul Razi, Ketua Komite I DPA RI, usai rapat kerja dengan Mendagri di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pemilihan umum akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, dan pemilihan kepala daerah pada 27 November 2024. Ia menegaskan, tidak boleh ada pembahasan lebih lanjut mengenai penundaan Pilkada 2024.

Pada saat yang sama, dia meminta Mendagri saat mengangkat kepala daerah mengoptimalkan ASN sesuai peraturan perundang-undangan, dengan mempertimbangkan kebijakan daerah dan kebutuhan daerah.

Dikatakannya, ada 272 daerah, termasuk provinsi, kabupaten, dan kota yang akan diisi kepala daerah sebelum Pilkada 2024. Kepala daerah akan bertindak sebagai kepala pemerintahan.

“Tahun 2022 akan ada 101 daerah, dan pada tahun 2023 akan ada 171 daerah,” katanya.

Komite I DPA RI mengundang Menteri Dalam Negeri (Mendagry) Tito Karnavian untuk membahas sejumlah isu dalam rapat kerja tertutup di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa.

Sejumlah isu yang dibahas antara lain pemekaran di Provinsi Papua dan Papua Barat, koordinasi kementerian dan departemen dalam pelaksanaan otonomi khusus di Aceh, dan kajian yang sudah berlangsung di Kementerian Dalam Negeri.

Artikel sebelumyaDPR MP: Pembiayaan kendala terbesar penguatan pertahanan
Artikel berikutnyaMenpan cek pelayanan publik di Polresta Mojokerto