Beranda Hukum DPD RI desak polisi tangkap pengedar kopi yang mengandung bahan kimia berbahaya

DPD RI desak polisi tangkap pengedar kopi yang mengandung bahan kimia berbahaya

Surabaya (ANTARA) –

Ketua DPD RI AA LaNialla Mahmoud Mattalitti mendesak polisi segera menangkap pedagang kopi yang mengandung bahan kimia, karena akan membahayakan kesehatan orang yang meminumnya.
“Bahan kimia dalam kopi jelas berbahaya bagi kesehatan. Ini tidak bisa ditoleransi. Tindakan tegas harus diambil untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata LaNialla dalam siaran pers di Surabaya, Minggu.
Sebelumnya, kopi berbahaya dikemas dalam kantong. Terdiri dari berbagai merek antara lain Kopi Cleng, Kopi Bapak dan Kopi Jantan.

BPOM menyebut kopi tersebut merupakan produk ilegal yang mengandung bahan kimia medis berupa parasetamol dan sindenafil.
Kopi beredar di Bandung dan Bogor, dan tidak menutup kemungkinan juga menyebar ke daerah lain.
“Oleh karena itu, saya meminta masyarakat untuk tidak mengkonsumsi kopi jenis ini. Yang sudah beli, segera kirimkan ke BPOM atau pihak berwajib,” kata LaNialla di sela-sela rehat di Jatim.

Senator Jatim itu juga mengimbau masyarakat membiasakan diri mengecek izin mengedarkan produk yang masih asing atau dipertanyakan.
“Karena produk yang tidak terjamin keamanannya dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan kematian,” kata LaNialla.
LaNialla juga meminta petugas segera turun ke lokasi untuk mengambil kopi yang masih dijual di warung-warung.
“Para pelaku pemalsu dan pembuat kopi ini harus ditangkap karena mereka menyebabkan kerusakan besar pada masyarakat,” katanya.

Artikel sebelumyaU-Kiss untuk Lee Young-ae disumbangkan ke Ukraina
Artikel berikutnyaKementerian Hukum dan HAM Terapkan Keadilan Restoratif bagi Pelaku Dewasa di Aceh