Beranda News DPR Panj: Dukungan Fraksi Hambatan Pengambilan Keputusan RUU TPKS

DPR Panj: Dukungan Fraksi Hambatan Pengambilan Keputusan RUU TPKS

Jakarta (ANTARA) – Ketua Panitia Kerja RUU TPKS DPR RI Willie Aditya mengatakan, dalam rapat paripurna DPR RI sudah ada keputusan yang diambil di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI untuk mengambil keputusan atas RUU tersebut. RUU TPKS. ditahan oleh dukungan faksi.

“Seharusnya sesuai dengan agenda, besok ada rapat paripurna di DPRD untuk keputusan dari Baleg tentang naskah ini (RUU TPKS). Saya bilang kenapa ini tidak bisa dibawa ke rapat paripurna, syaratnya hanya 4 fraksi yang mendukung,” kata Willie Aditya.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara dalam seminar nasional bertajuk “Urgensi Pengesahan RUU TPKS untuk Melindungi dan Melindungi Perempuan dan Anak untuk Keluarga Maslahah” yang disiarkan langsung di saluran YouTube TVNU Televisi Nahdlatul Ulama di bawah pengawasan Jakarta, Rabu.

Jika rapat paripurna untuk mengambil keputusan dilakukan sesuai jadwal, lanjut Willie, pembahasan RUU TPKS bisa kehilangan suara.

“Jika kita gagal, maka undang-undang ini tidak sah. Padahal niatnya baik dan penonton menunggu kehadirannya,” imbuhnya.

Karena itu, kata Willie, panitia kerja RUU TPKS masih mencari ruang lobi. menggalang dukungan sekurang-kurangnya satu fraksi, sehingga atas prakarsa DPR, rancangan peraturan tersebut dapat naik ke tahap sidang paripurna. Berkat hak ini, inisiatif DPR dapat mengajukan RUU kepada presiden atau pemerintah.

Sejauh ini, kata Willie, RUU TPKS memang sudah memadai dan kompromistis.

“Bahkan, CEO Baleg Pak Supratman meminta teman-teman Panji untuk mencari konten yang membuka ruang kebebasan seksual dan perilaku seksual menyimpang yang juga tidak ada,” tambahnya.

Willie Aditya menegaskan, posisi politik DPR bukanlah unit institusional, melainkan ruang pertarungan politik antara yang setuju dan yang menolak.

Dengan demikian, rapat paripurna yang dijadwalkan digelar pada 25 November 2021 tidak bisa dipaksakan hingga minimal didukung 5 fraksi.

Artikel sebelumyaAset yang disita Asabri naik menjadi Rs 16 triliun
Artikel berikutnyaMerapi mengeluarkan lahar merah panas sebanyak 15 kali pada jarak 2000 meter