Beranda News Dukungan relawan untuk Ganjar Pranovo meluas ke 14 wilayah.

Dukungan relawan untuk Ganjar Pranovo meluas ke 14 wilayah.

Deklarasi Ganjar pada 1 Juli 2021 dilakukan serentak oleh 14 daerah.

Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 14 daerah serentak mencalonkan diri sebagai relawan “Ganjar” mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranovo sebagai calon presiden 2024.

“Sebanyak 14 daerah secara serentak dideklarasikan ‘Ganjari’ pada 1 Juli 2021,” kata Ketua Umum Gerakan Ganjari Nasional Mazjo Prai dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dijelaskannya, 14 daerah tersebut ditambah dengan sejumlah daerah lain yang menciptakan diri untuk mendukung Ganjar Pranovo.

Menurut dia, 14 daerah mengumumkan pengumuman serentak setelah persiapan matang. Pihaknya telah menyusun semacam standar operasional prosedur (SOP) bagi daerah yang ingin bergabung dengan Ganjaris.

“Saat ini kami fokus pada pembenahan sistem organisasi dan perluasan basis dukungan di berbagai daerah,” ujarnya.

Menurutnya, antusiasme masyarakat sangat tinggi, terbukti dengan perlunya pembentukan Ganjaris di seluruh Indonesia.

“Bahkan dari luar negeri,” kata Mazjo Pry.

Sejauh ini, 27 orang Ganjar tingkat provinsi masih dalam proses verifikasi untuk mendeklarasikan gerakan Ganjar di wilayahnya, katanya.

Sementara di tingkat kabupaten/kota, setidaknya ada ratusan relawan daerah yang harus segera mendeklarasikan diri.

“Nah, 14 daerah yang deklarasinya sudah diverifikasi. Mereka mendeklarasikan Ganjaris sesuai SOP yang kami susun,” ujarnya.

Dia mengatakan kota dan kabupaten yang telah memberikan dukungan antara lain Jakarta Utara, Depok, Pekanbaru, Klaten, Madiun, Maghetan, Jakarta Pusat, Ngandjuk, Kediri, Jombang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Lampung, Jakarta Selatan, Bogor Raya., dan Paradise Solo. .

“Kami tidak mau sembarangan menerima permintaan pembentukan Ganjaris di berbagai daerah. Kami melakukan pemeriksaan ketat. Menyamakan persepsi dan langkah agar roda organisasi bekerja lebih efisien,” ujarnya.

Ganjarist saat ini beroperasi di 54 kabupaten dan kota di Indonesia. Ini merupakan angka di luar 14 daerah yang baru saja mengumumkan diri.

Dikatakannya, salah satu tugas pengurus Ganjarist di kabupaten/kota ini adalah menginisiasi pembentukan Ganjarist di tingkat kelurahan dan kelurahan.

“Semuanya dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat umum tentang penampilan dan sosok Ganjar Pranovo,” kata Mazjo Pray.

Menurut Mazjo, menyusul pernyataan Ganjarist di Jakarta sebulan lalu, hal itu menginspirasi tumbuhnya berbagai kelompok relawan pendukung Ganjar Pranovo, seperti Teman Ganjar, Seduluran Ganjar Pranovo, GP-Mania, DAG dan masih banyak lagi.

“Menurut data kami, sudah terbentuk 36 relawan untuk mendukung Ganjar Pranovo,” ujarnya.

Wakil Ketua Ganjarist Chris Chantra mengatakan organisasinya sedang mencoba untuk terhubung dengan organisasi Ganjar lain yang mendukung relawan.

“Tujuan kami sama. Harapan kita sama. Makanya kita saling bersinergi,” ujarnya.

Saat ini Ganjarist mulai menggelar berbagai acara. Di masa pandemi ini, tim relawan Ganjarist menerjemahkan gaya Ganjar ke Jawa Tengah agar masyarakat tetap terinformasi tentang bahaya COVID-19.

Ganjarist membentuk kelompok-kelompok kecil yang pergi dari desa ke desa, ke pasar, ke tempat-tempat umum untuk mengingatkan orang untuk memakai masker dan mengikuti aturan kesehatan.

“Kami melihat Pak Ganjar tidak pernah bosan melakukan ini. Kami bawa semangat Pak Ganjar untuk berkarya langsung untuk kemaslahatan masyarakat,” ujarnya.

Artikel sebelumyaPanglima TNI mengatakan TNI terus mendukung serangan vaksinasi
Artikel berikutnyaKapolres Mimika mengatakan, banyak anggota KKB yang kembali ke masyarakat.