Beranda Warganet Gempa di Manggarai terasa hingga Labuan Bajo dan sekitarnya.

Gempa di Manggarai terasa hingga Labuan Bajo dan sekitarnya.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan 4,9 SR mengguncang kawasan Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Senin malam.

Menurut www.bmkg.go.id di Jakarta, pusat gempa yang terjadi sekitar pukul 21.16 ET berada di laut, sekitar 55 km timur laut kota Ruteng, Manggarai.

Pusat gempa ditemukan di bawah air pada kedalaman 10 kilometer, dan getaran dirasakan hingga Ruteng, Labuan Bajo, Reo dan Waingapu.

Ini merupakan gempa kedua di wilayah tersebut setelah gempa berkekuatan 5,8 SR juga terjadi pada 21 Februari 2022. Pusat gempa terletak sekitar 60 km timur laut kota Ruteng pada kedalaman 10 km di bawah air.

Tercatat gempa sebelumnya terjadi dua kali dengan selisih hanya beberapa detik.

Indonesia termasuk dalam kawasan rawan bencana dunia karena terletak di Lingkar Api Pasifik, dimana sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi, mengelilingi Cekungan Pasifik.

Daerah ini biasanya berbentuk tapal kuda dan meliputi area seluas 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai Sabuk Gempa Pasifik.

Pada 25 Februari, gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Bencana tersebut merusak 1.366 unit rumah dan memaksa 8.000 warga mengungsi.

Gempa yang merusak enam sekolah, empat fasilitas medis dan jalan di wilayah Talamaus, juga menewaskan enam warga dan melukai 64 orang dengan luka berat, sedang dan ringan, menurut pihak berwenang setempat.

Artikel sebelumyaHuman Initiative membantu membangun masjid di London
Artikel berikutnyaMenag: Mari kita cari titik temu, bukan memperdalam perbedaan