Beranda Nusantara Gempa M5.6 di Laut Banda dangkal karena sesar aktif.

Gempa M5.6 di Laut Banda dangkal karena sesar aktif.

Jakarta (ANTARA) – Gempa tektonik 5,6 magnitudo di Laut Banda pada Kamis pukul 11:26 WIB merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diketahui pusat gempa berada di 7.11° LS; 128,71° BT atau tepatnya berada di laut 154 km timur laut barat daya Maluku, Maluku pada kedalaman 12 km.

“Mengingat letak episentrum dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa jenis dangkal karena aktivitas sesar yang intens.” kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Bambang mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki kombinasi gerakan oblique-normal.

Gempa dirasakan di wilayah Dahmer IV-V MMI. Hampir seluruh warga merasakan getaran tersebut, banyak orang yang terbangun.

Pada Tepa II-III MMI, getaran terasa di dalam rumah. Terasa getaran, seperti truk sedang mengemudi.

Bambang mengatakan, sejauh ini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa. Hasil simulasi menunjukkan bahwa gempa ini tidak menimbulkan tsunami.

“Hingga Kamis (16 Desember) pukul 12.10 WIB, hasil pantauan BMKG menunjukkan ada dua gempa susulan,” kata Bambang.

Bambang mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bisa dibenarkan.
Kemudian, untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Sebelum kembali ke rumah, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat gempa yang mengancam stabilitas bangunan.

Pastikan informasi resmi hanya berasal dari BMKG yang disebarkan melalui saluran komunikasi resmi terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), Saluran Telegram (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui aplikasi seluler (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. *

Artikel sebelumyaPemerintah Kabupaten Solok Selatan mengirimkan tim untuk menyelidiki dugaan kebocoran limbah sawit.
Artikel berikutnyaDemo Whitney Houston Langka Dijual seharga $ 1 Juta Di Lelang NFT