Beranda News Generasi Muda Papua Puji Pidato Presiden Joko Widodo

Generasi Muda Papua Puji Pidato Presiden Joko Widodo

Kunjungan ke-13 Presiden Joko Widodo ke Papua bukan sekadar seremonial.

Depok (ANTARA) – Generasi muda Papua mengapresiasi kiprah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka program pemerintah yang secara langsung menyasar generasi muda untuk menjamin percepatan pembangunan dan kesejahteraan di Tanah Papua.

Dengan bantuan video review, tiga pemuda Papua menyampaikan pendapatnya tentang pidato Presiden Jokowi. Di antaranya adalah Duta Barang Papua dan Papua Barat 2020 Johannes Faidiban yang kerap disapa Annes.

“Kunjungan ke-13 Presiden Joko Widodo ke Tanah Papua bukan sekedar seremonial, tapi terbukti banyak program dari pusat yang digalakkan untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya adalah program untuk kaum milenial,” kata Annes dalam keterangannya, Sabtu.

Annes mengatakan, saat ini ada sekitar 2.000 petani milenial yang tersebar di Tanah Papua, beberapa di antaranya berhasil go international dengan mengikuti acara coffee show di Boston, AS pada April lalu.

“Keberhasilan pemuda Papua di kancah internasional tidak lepas dari dukungan pemerintah dan kerjasama dengan berbagai pihak,” kata Annes yang juga penerima Fulbright.

Seperti Annes, Brigita Hisage sebagai salah satu petani milenial juga mengapresiasi kesempatan yang diberikan oleh pemerintah daerah, provinsi dan pusat untuk mengikuti berbagai program pelatihan.

“Dimana pelatihan-pelatihan ini bermanfaat bagi kami para petani milenial. Diantaranya meningkatkan hasil panen, memahami sistem manajemen bisnis dan mampu menggunakan teknologi digital di bidang pertanian,” kata Brigita yang juga pemilik teh herbal dari bahan alam Papua.

Hal senada juga diungkapkan pengusaha muda Papua Neil Eyvoy. Pendiri Himpunan Kitorang ini telah berkiprah di masyarakat sejak ia masih mahasiswa dan sampai sekarang. Salah satu bentuk pengabdiannya kepada masyarakat adalah dengan dibentuknya Koperasi Kitorang di Kabupaten Raja Ampat.

“Presiden Joko Widodo dalam Perpres Nomor 9 Tahun 2020 memberikan perhatian penuh kepada Papua. Program Perpres difokuskan pada percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Neal.

Menurutnya, ada program afirmasi pendidikan khusus untuk anak muda, serta Papua Youth Creative Center (PYCH). Untuk melakukan ini, Nil menawarkan pemuda Papua untuk mengambil bola.

“Saya ingin kita semua, anak muda Papua, untuk berpartisipasi dalam pembangunan, kita harus berinisiatif, bekerjasama dengan pemerintah dan mitra pembangunan lainnya untuk mewujudkan pembangunan,” ujarnya lagi.

“Apresiasi dan terima kasih saya kepada Presiden atas program-program yang dilakukan, terutama program-program yang menjadi prioritas pemuda,” kata Neal.

Sebelumnya dalam survei yang dilakukan Kompas Litbang pada Maret 2022 di kalangan generasi muda Papua dan Papua Barat dengan mensurvei 400 responden berusia 20-39 tahun.

Tingkat kepuasan pemuda terhadap kerja pemerintah melebihi 52 persen.

Artikel sebelumyaGanjar Pranovo menghormati Megawati Sukarnoputri sebagai orang tua
Artikel berikutnyaPembukaan PLBN di Badau bergantung pada kebijakan pemerintah Indonesia dan Malaysia.