Beranda Nusantara Gerhana bulan sebagian terlihat jelas di langit Manokwari.

Gerhana bulan sebagian terlihat jelas di langit Manokwari.

Durasi gerhana bulan sebagian, khususnya untuk wilayah Papua dan Papua Barat, paling lama, yakni dalam waktu 3 jam 2 menit 33 detik sejak bulan terbit.

Manokwari, Papua Barat (ANTARA). Puncak gerhana bulan sebagian terlihat jelas di langit Manokwari, Provinsi Papua Barat pada Jumat malam saat bulan terbit sekitar pukul 18:10 waktu Moskow.

Terpantau juga warga Manokwari mengabadikan gerhana bulan parsial terlama ini menggunakan kamera ponsel di beberapa lokasi.

Daniel Tandi, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Rendani Manokwari, membenarkan peristiwa itu merupakan gerhana bulan parsial terlama dalam abad ini, dan puncaknya terlihat jelas di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Gerhana bulan sebagian adalah keadaan di mana sebagian permukaan bulan tertutup bayangan atau banyak bumi dan dapat terlihat jelas di Papua Barat, kecuali di wilayah Kabupaten Raja Ampat,” ujarnya.

Gerhana bulan sebagian pada 19 November 2021 disebut-sebut sebagai yang terlama di abad ini, karena berlangsung selama 3 jam 29 menit 1 detik di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, khusus untuk wilayah Papua dan Papua Barat, durasi gerhana bulan sebagian paling lama, yakni 3 jam 2 menit 33 detik sejak bulan terbit.

“Hasil studi peneliti dari Pusat Penelitian Antariksa LAPAN menunjukkan bahwa gerhana ini memiliki magnitudo 0,9785. Permukaan Bulan akan ditutupi oleh bayangan Bumi sebesar 97,85%, yang akan terjadi di dekat gugus Pleiades di konstelasi Taurus, ”kata pesan itu. Daniel Tandi.

Artikel sebelumyaBBKSDA Sumut hambat perdagangan sisik trenggiling
Artikel berikutnya"Berikutnya: Kisah Cinta" berikan novel fantasi yang tidak biasa