Beranda Nusantara Gugus Tugas Sebut Tidak Ada Bukti Hewan Terinfeksi COVID-19 Manusia Terinfeksi

Gugus Tugas Sebut Tidak Ada Bukti Hewan Terinfeksi COVID-19 Manusia Terinfeksi

“Sejak awal pandemi COVID-19, beberapa negara telah melaporkan infeksi SARS-CoV-2 pada hewan, termasuk satwa liar,” katanya.

Jakarta (ANTARA) – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Profesor Viku Adisasmito mengatakan belum ada bukti hewan yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan virus ke manusia.

“Secara global, saat ini terdapat 500 kasus infeksi pada 10 spesies di 30 negara,” kata Vicu Adisasmito saat memaparkan progress report penanganan COVID-19 yang dipantau secara virtual dari YouTube BNPB, Selasa sore.

Vicu mengatakan bahwa laporan infeksi hewan SARA-Cov-2 penyebab COVID-19 telah disampaikan oleh Office for International Epizootics atau Organisasi Kesehatan Hewan Dunia.

“Sejak awal pandemi COVID-19, beberapa negara telah melaporkan infeksi SARS-CoV-2 pada hewan, termasuk satwa liar,” katanya.

Wiku menawarkan kepada pemilik hewan peliharaan beberapa tips tentang bagaimana tidak panik dan selalu merawat hewan peliharaan mereka dan memastikan kesehatan mereka.

Wiku juga menyarankan pemilik hewan peliharaan untuk menghindari kontak dengan hewan peliharaan jika terinfeksi COVID-19.

“Kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksinasi dan periksa hewan peliharaan ke dokter hewan jika menunjukkan gejala,” katanya.

Artikel sebelumyaPanglima TNI Gantikan Danpaspampres
Artikel berikutnyaKetua MPR menyebut PPHN sebagai payung kebijakan pembangunan