Beranda News Hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat puas dengan kinerja pemerintah provinsi Gorontalo.

Hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat puas dengan kinerja pemerintah provinsi Gorontalo.

Hasilnya juga sangat menggembirakan.

Gorontalo (ANTARA) – Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Research Center Celebes (CRC) pada September 2021, ditemukan bahwa masyarakat puas dengan delapan program prioritas pembangunan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo…

Peneliti CRC Imam Suyuti dari Gorontalo mengatakan pada hari Sabtu bahwa survei dilakukan untuk program kesehatan gratis, pendidikan gratis, infrastruktur, ekonomi kerakyatan, agama yang lebih hidup, pemerintahan yang lebih baik, pariwisata dan perlindungan lingkungan.

Menurutnya, 800 responden diwawancarai secara langsung, menggunakan metode acak atau random. pengambilan sampel acak multitahap proporsional di lima kabupaten dan satu kota.

“Respondennya adalah mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Margin kesalahan polling adalah 3,46% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dijelaskannya, di bidang kesehatan, survei menunjukkan bahwa 78,3 persen penduduk mengetahui, mendengar, membaca, dan melihat program kesehatan dasar gratis. Dari jumlah tersebut, 81,5% mengaku pernah mengalaminya.

“Jika ditanyakan kembali kepada 81,5% yang telah merasakan manfaat program pelayanan kesehatan, mereka menemukan bahwa 14,7% sangat puas dan 82,2% menyatakan puas. Selebihnya sedang, tidak puas, sangat tidak puas dan tidak menjawab atau tidak tahu,” ujarnya.

Di bidang pendidikan, 68,4 persen penduduk mengetahui, mendengar, membaca dan melihat program pelayanan kesehatan, dan 48,3 persen mengaku pernah mengalaminya.

“Pendidikan adalah masalah tersendiri, karena hanya 48,3% yang mengaku pernah mengalaminya. Bisa juga sebagai konsekuensi dari pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung lama, sehingga opini masyarakat tentang program ini sangat tidak baik,” ujarnya.

Jika dilihat dari persepsi kepuasan warga dalam bidang pendidikan, maka 20,5% berpendapat sangat puas, 73,9% puas, dan sisanya cukup tidak tahu atau tidak menjawab.

Program Ekonomi Rakyat mencakup 66,1 persen warga yang mengaku familiar dengan program tersebut dan 56,3 persen pernah mengalaminya.

“Dari angka yang disajikan, 17,1% sangat puas dan 71,8% puas,” ujarnya lagi.

Persepsi masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur mencapai 78,5 persen, di antaranya 9,0 persen sangat puas dan 73,5 persen puas.

“Selain empat program unggulan pada masa kepemimpinan Gorontalo Rusli Habibi dan Wakil Gubernur Idris Rahim, survei ini juga menjaring tingkat kepuasan masyarakat terhadap empat program unggulan lainnya pada periode kedua. Hasilnya juga sangat menggembirakan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaPDIP Surabaya perjuangkan nasib pekerja seni dan nelayan saat pandemi
Artikel berikutnyaPresiden Jokovi Hadiri Pembukaan PON Papua XX