Beranda Nusantara Hujan deras, petir dan angin kencang melanda sebagian wilayah Indonesia

Hujan deras, petir dan angin kencang melanda sebagian wilayah Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat, petir, dan angin kencang akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia secara merata pada Selasa.

Menurut laporan dari www.bmkg.go.id, peningkatan awan hujan meliputi Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah dan timur.

Sebagian besar wilayah Sumatera diprediksi akan mengalami hujan lebat disertai kilat dan guntur, serta angin kencang dari Sumatera Utara hingga Lampung, kecuali Aceh, Kepulauan Riau, dan Bangka Belitung.

Sementara itu, sebagian besar wilayah Kalimantan diprediksi akan mengalami hujan lebat disertai kilat dan guntur, serta angin kencang.

Tidak berbeda dengan wilayah Kalimantan, sebagian besar wilayah Sulawesi akan mengalami hujan dengan intensitas yang sama dan angin kencang.

Prakiraan cuaca Indonesia Timur untuk Wilayah Maluku Utara, Papua Papua Barat memprediksi hujan lebat disertai petir dan guntur serta angin kencang.

Selanjutnya, di wilayah Indonesia bagian selatan, hujan disertai kilat dan guntur, serta angin kencang dapat terjadi di wilayah Nusa Tenggar Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Sementara itu, prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia juga didominasi awan hujan, antara lain Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Penang, Bandar . Lampung., Mataram, Makassar, Kendari, Padang dan Medan.

Kondisi cuaca mendung dan cerah terjadi di Benkulu, Gorontalo, Surabaya, Tanjung Penang, Ternate, Kupang, Jayapura.

Suhu rata-rata di kota-kota besar adalah 20 hingga 35 derajat Celcius, dan tingkat kelembaban berkisar antara 50 hingga 100 persen.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada jika ingin beraktivitas di luar ruangan.

Artikel sebelumyarilis trailer, "Hotel Broto" tunjukkan kehangatan keluarga
Artikel berikutnyaBTS akan tampil di iHeartRadio Jingle Ball di Los Angeles