Beranda Nusantara Hujan ringan hingga sedang diperkirakan di beberapa wilayah

Hujan ringan hingga sedang diperkirakan di beberapa wilayah

JAKARTA (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan ringan hingga sedang pada Senin, meliputi sejumlah wilayah di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Di Sumatera berpotensi hujan di Banda Aceh dan Pekanbaru dengan potensi petir, di Medan berpotensi hujan sedang, dan di Pangkalpinang akan hujan ringan.

Badai petir diprakirakan di Pulau Jawa di Yogyakarta dan Surabaya, Serang dan Bandung diprakirakan hujan sedang, sedangkan Jakarta dan Semarang diprakirakan hujan ringan.

Hujan juga berpeluang turun di beberapa kota di Pulau Kalimantan. Hujan disertai kilat dapat terjadi di kota Tanjung Selor, dan hujan ringan dapat turun di kota Pontianak, Palangka Raya dan Banjarmasin.

Di pulau Bali dan Nusa Tenggara di kota Mataram, hujan dengan intensitas sedang dimungkinkan, dan di kota Kupang dan Denpasar – hujan dengan intensitas rendah.

Di Pulau Sulawesi, Kota Manado dan Mamuju berpotensi hujan dengan intensitas sedang, sedangkan Kota Gorontalo, Palu dan Kendari diprakirakan hujan ringan.

Selain itu, Kota Manokwari di Pulau Papua berpeluang mengalami hujan yang mungkin disertai petir.

Kehadiran zona sirkulasi siklon dan pertemuan angin, menurut siaran BMKG, meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, sirkulasi siklon di Aceh bagian barat, Maluku Utara, dan Papua bagian utara membentuk zona konvergensi yang membentang dari Sumatera Utara hingga Aceh, Selat Malaka, Laut Halmahera bagian utara, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Daerah pertemuan angin juga diamati di sepanjang pantai barat Sumatera, Laut Jawa, Sulawesi Utara, Laut Maluku, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Artikel sebelumyaKampanye selamatkan Hutan Mentawai
Artikel berikutnyaPenggemar "Teman-teman" di Cina, tayangan ulang seri yang marah dengan sensor