Beranda Nusantara Jalan Lenggo di pedalaman Polman tertimbun longsor.

Jalan Lenggo di pedalaman Polman tertimbun longsor.

Menyeberangi sungai juga sulit

Mamuju (ANTARA) – Jalan menuju pelosok desa di Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Poluely Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat tertutup longsor akibat hujan deras.

Tokoh pemuda setempat Khabib di Polman mengatakan kepada ANTARA pada hari Senin bahwa akses jalan menuju Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Poluely Mandar, telah terhalang oleh tanah longsor, sehingga daerah itu terisolasi.

Dikatakannya, longsor tersebut menutup seluruh jalan sehingga warga Desa Lenggo tidak bisa melewatinya.

“Sekitar 2.000 warga Desa Lenggo kini terisolir setelah hujan terus mengguyur dan menyebabkan longsor pada pekan lalu,” katanya.

Dia mengatakan, longsor tersebut akibat hujan deras yang terjadi di sekitar enam titik, sehingga longsor harus dibersihkan agar masyarakat bisa lewat.

“Kalau pakai jalan lain juga susah, seperti menyeberangi sungai, karena air sungai meluap, sehingga sulit bagi warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah bisa menggunakan alat berat untuk membersihkan longsor sehingga warga bisa menyeberang jalan desa.

Dia mengimbau masyarakat yang bermukim di Sungai Maloso di subkawasan Bulo untuk lebih waspada terhadap ancaman banjir akibat hujan yang terus mengguyur.

Sementara itu, Bupati Polewali Mandara (Polman) Andi Ibrahim Masdar memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan tindakan penertiban longsor di beberapa wilayah Polman.

Artikel sebelumyaAbrasi pantai di Cilacap
Artikel berikutnyaBangun Kredibilitas Pemerintah, Menkominfo: Fasilitasi Partisipasi Publik dalam Pembangunan