Beranda Warganet Jambi kirim 62 relawan untuk isolasi mandiri pasien COVID-19

Jambi kirim 62 relawan untuk isolasi mandiri pasien COVID-19

Jambi (ANTARA) – Pemerintah Kota Jambi bekerja sama dengan Kodam 042 Garuda Putih Jambi mengerahkan 62 relawan untuk merawat dan memantau warga yang melakukan isolasi mandiri.

“Relawan ini akan menjaga moral tenaga kesehatan kota Jambi yang kontak langsung dengan pasien COVID-19, terutama yang menjalani isolasi mandiri,” kata Wali Kota Jambi Sharif Fasha di Jambi, Senin.

Sebanyak 62 relawan merupakan mahasiswa perawat milik TNI Angkatan Darat yaitu Sekolah Tinggi Kedokteran Garuda Putih (Stykes) (Gapu) Jambi. Penugasan relawan mahasiswa dari Stykes Gapu Jambi dipilih karena memiliki kedisiplinan, kehandalan dan kesiapan yang baik dalam misi kemanusiaan ini.

62 relawan dibagi menjadi dua tim dengan kode “Siginjay Shakti”. Setiap perawat akan melayani sepuluh pasien. Relawan Penanganan Pasien COVID-19 bertugas memastikan pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri melalui tahapan pengobatan.

Mulai dari berjemur, sarapan pagi, pemeriksaan fisik, saturasi oksigen, dan diakhiri dengan pemeriksaan tekanan darah pasien. Jika kondisi kesehatan pasien memburuk, segera laporkan ke Puskesmas terdekat.

“Sebelum menjalankan tugasnya, seluruh relawan diberikan perlindungan maksimal dan nutrisi yang tepat untuk kesehatannya, serta peralatan medis, APD, transportasi, dan sarapan dengan susu steril, vitamin, dan produk lainnya akan disajikan setiap hari,” katanya. Syarif Fasya.

Selain 62 relawan yang merawat dan melacak pasien COVID-19, 58 relawan vaksinator telah dilatih untuk dikerahkan kapan pun dibutuhkan.

Sementara itu, Brigjen Danrem 042/GAPU Zulkifli mengatakan, penugasan mahasiswa ini sebagai relawan merupakan upaya mendukung program yang dikembangkan Pemkot Jambi untuk memerangi COVID-19.

Danrem 042 Gapu berpesan kepada para relawan agar menjalankan tugasnya dengan baik.

“Gunakan segala kemampuan untuk menghadapi pasien yang menjalani isolasi mandiri, jadikanlah mereka orang tua, saudara-saudara,” kata Brigjen TNI Zulkifli.

Artikel sebelumyaWakil Ketua MPR: Negara Bertanggung Jawab atas Pemberantasan Kekerasan Seksual
Artikel berikutnyaHak-hak siswa lapas di Batam harus dihormati