Beranda News JPPR: Soal due diligence anggota KPU-Bawaslu jangan bias gender

JPPR: Soal due diligence anggota KPU-Bawaslu jangan bias gender

Jakarta (ANTARA) – Nurlia Dian Paramita, Peneliti Senior Jaringan Pendidikan Pemilih Publik (JPPR), mengimbau Komisi II DPR RI untuk tidak mengajukan pertanyaan bias gender saat menguji calon anggota CPU dan Bawaslu.

“Mengenai materi dalam tes kesesuaian dan kebenaran, soalnya tidak bias gender. Ini pertanyaan yang tidak pantas dan tidak bagus,” kata Mita, panggilan akrab Nurliya Dyan Pramita.

Hal itu disampaikannya saat menjadi konsultan dalam diskusi publik bertajuk “Laporan Publik Kesesuaian dan Kepatutan Calon Anggota KPU dan Bawaslu” yang disiarkan langsung di kanal YouTube Puskapol FISIP UI Jakarta, Minggu.

Selain itu, Mita juga memberikan contoh pertanyaan yang tidak bias gender. Diantaranya tidak menanyakan apakah caleg perempuan bersedia pulang larut malam karena ada rapat, substitusi untuk mengasuh anak, dan izin suami jika ada rapat anggota KPU dan Bawaslu harus ke hotel.

Selain itu, Mita juga menyarankan agar eligibilitas dan due diligence yang dilakukan DNR RI terhadap calon anggota KPU dan Bawaslu harus mencantumkan pertanyaan tentang tujuan atau potensi kesulitan pemilu.

Menurut dia, calon anggota KPU dan Bawaslu seharusnya mendapat pertanyaan seputar inovasi dan terobosan yang akan efektif, sederhana dan mudah selama Pemilu 2024, berdasarkan pengalaman Pemilu 2019.

Kemudian Mita juga menambahkan bahwa tes kecocokan dan kebenaran membutuhkan soal-soal yang bisa menggambarkan kemampuan calon anggota KPU dan Bawaslu sebagai pimpinan.

“Maka perlu untuk bertanya tentang kemampuan kepemimpinannya. Misalnya bagaimana pengelolaan organisasi, keputusan peningkatan SDM di lembaga penyelenggara pemilu, karena sampai saat ini institusi CPU dan Bawaslu perlu diperkuat, dan bagaimana menyelesaikan masalah yang mempertimbangkan banyak kepentingan,” kata Mita. .

Artikel sebelumyaPerlu: Perempuan di KPU-Bawaslu berkontribusi pada pemilu 2024 yang lebih inklusif
Artikel berikutnyaMobil Sabhara Polres SBB terbalik, tiga anggota mengalami luka ringan