Beranda Nusantara Kebun Binatang Bandung mengumpulkan sumbangan untuk pakan ternak

Kebun Binatang Bandung mengumpulkan sumbangan untuk pakan ternak

Bandung (ANTARA). Pengelola Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) telah menggalang donasi untuk menyediakan makanan bagi satwa-satwa kebun binatang tersebut.

Kebun Binatang Bandung tutup untuk umum mulai 1 Juli hingga 14 Juli 2021, dan selama penutupan kebun binatang tersebut, pengelola membuka saluran donasi bagi warga yang ingin membantu menyediakan makanan bagi sekitar 850 satwa di kebun binatang di Jalan Taman Sari, Kota Bandung .

“Bantuan pakan ternak yang kami terima dari para donatur juga bisa berupa daging sapi, ayam, buah-buahan, sayur-sayuran dan pakan ternak lainnya,” ujarnya. Komunikasi pemasaran Zoological Garden Bandung Sulkhan Xiafi’i dalam siaran pers dari pihak pengelola kebun binatang, Kamis.

Warga yang ingin berdonasi bisa langsung datang ke Kebun Binatang Bandung.

Sulkhan menjelaskan, sesuai dengan Perintah Walikota No. 3 Pada tahun 2021, tempat-tempat wisata termasuk Kebun Binatang Bandung akan ditutup mulai 17 hingga 30 Juni 2021, dan penutupan objek wisata akan berlanjut hingga 14 Juli 2021.

“Setelah Lebaran kemarin ada satu kali penutupan selama 10 hari, kemudian ditutup kembali pada 17 hingga 30 Juni 2021, kemudian dilanjutkan pada 1 hingga 14 Juli 2021,” katanya.

Penutupan Kebun Binatang Bandung untuk umum membuat pengelola kebun binatang kesulitan memenuhi kebutuhan produksi, termasuk kebutuhan pakan ternak. Kebun Binatang Bandung seharusnya menyediakan makanan untuk sekitar 850 hewan setiap hari.

“Setiap hari kami harus menyediakan makanan bagi hewan serta perawatan medis, yang menelan biaya hampir 300 juta rupee per bulan. Artinya kita sudah cukup menguras tabungan perusahaan,” kata Sulkhan.

Dia menjelaskan bahwa selama kebun binatang ditutup, pengelola tidak menerima pendapatan apa pun dan harus terus membelanjakan gaji karyawan, makanan hewan peliharaan, dan perawatan hewan.

Untuk memangkas biaya, Bandung Bintang Gardens telah memotong gaji 84 karyawan, katanya.

“Oleh karena itu, pimpinan terbuka jika ada pihak yang ingin membantu menyumbangkan pakan ternak,” ujarnya.

Dikatakannya, pihak pengelola kebun binatang telah berupaya melakukan perubahan dan penyesuaian untuk menghemat penyediaan pakan ternak, namun upaya tersebut perlu ditempuh dengan tetap memperhatikan kesehatan hewan.

“Saat memodifikasi pakan, faktor kesehatan juga perlu diperhatikan, karena modifikasi atau pengurangan tidak boleh mempengaruhi kesehatan hewan,” kata Sulhan.

Ia menambahkan, pengelola Kebun Binatang Bandung juga menggalang donasi untuk penyediaan pakan ternak selama penutupan kebun binatang antara Maret hingga Juni 2020.

Artikel sebelumyaYKAN Ajak Masyarakat Dukung Misi Konservasi Mangrove
Artikel berikutnyaPuskesmas Gambesi ditutup karena infeksi COVID-19 oleh enam paramedis