Beranda Warganet Kemensos menyoroti kebutuhan untuk membantu anak-anak pulih dari COVID-19

Kemensos menyoroti kebutuhan untuk membantu anak-anak pulih dari COVID-19

Yang paling penting adalah memastikan bahwa anak-anak dilindungi sehingga mereka dapat berkontribusi untuk perubahan.

Jakarta (ANTARA) – Direktur Departemen Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial (Kemsos) Dr. Kanya Eka Santi menyebutkan, pemerintah harus membantu memulihkan kondisi anak akibat COVID-19, memberikan perhatian khusus untuk mewujudkan hak hidup dan melindungi anak.

“Saya percaya bahwa kita harus menganggap anak-anak sebagai bagian dari lingkungan sosial mereka. Saat merespons COVID-19 dan pemulihan yang berpusat pada anak, perhatian juga perlu diberikan kepada anak-anak dan semua subsistem lingkungan sosialnya. Yang paling penting adalah memastikan bahwa anak-anak dilindungi sehingga mereka dapat berkontribusi pada perubahan dalam aspek kehidupan akibat COVID-19, ”kata Kania di acara daring UNICEF“ Towards a Child-Centered COVID-19 Response and Recovery »Di Jakarta, Jumat .

Kania mengusulkan untuk mengembangkan sistem data. Hal ini sangat penting untuk memberikan data yang akurat mengenai COVID-19, tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk keluarga.

“Tanggapan segera terhadap anak-anak yang terluka. Untuk memiliki dukungan psikososial, sehingga kita dapat menghindari dampak jangka panjang pada anak-anak, ”kata Kanya menjelaskan perlunya melibatkan anak-anak dalam kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, melindungi anak juga perlu membangun ketahanan anak, melibatkan semua pemangku kepentingan dalam memulihkan kondisi kehidupan anak dan menyelesaikan vaksinasi dengan cepat.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Kemasyarakatan dan Kebudayaan Bappenas Dr. Ir. Subandi mengatakan strategi jangka menengah dan panjang perlu diperkuat untuk mengantisipasi tantangan baru pascabencana COVID-19.

“Dampak tidak langsung pemulihan pada anak terkait dengan pelaksanaan tanggap COVID-19. Misalnya kejar-kejaran dengan memvaksinasi anak, terutama yang sudah mendapat imunisasi dasar lengkap,” kata Subandi menjelaskan bahwa pemerintah perlu melakukan vaksinasi massal untuk melindungi anak dari penyakit.

Subandi menegaskan, pemulihan anak-anak terdampak pandemi COVID-19 membutuhkan pendampingan di semua lapisan, baik pemerintah maupun non-pemerintah.

“Maka respon dan pemulihan dari pandemi ini merupakan masalah mendesak yang perlu segera ditangani. Pada saat yang sama, perlu untuk memastikan bahwa kebutuhan anak-anak ini terpenuhi, ”katanya.

Artikel sebelumyaIndonesia Terima 7,5 Juta Dosis Vaksin dari Beberapa Produsen
Artikel berikutnyaBNPB buka jembatan kayu Gadang Pariaman