Beranda Warganet Kementerian Sosial akan mengambil tindakan tegas terhadap penyalahgunaan bantuan sosial.

Kementerian Sosial akan mengambil tindakan tegas terhadap penyalahgunaan bantuan sosial.

Posisi pemerintah sangat jelas

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Sosial (Kemensos) mengingatkan siapa saja yang menyalahgunakan bansos akan dikenakan sanksi tegas.

Hasim, Kepala Bagian Humas Kementerian Sosial, mengatakan bahwa masyarakat penerima manfaat harus menerima hak mereka dan tidak boleh ada pemotongan atau biaya ilegal.

“Yang jelas sikap pemerintah akan mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang kedapatan menyalahgunakan penyaluran dana bansos,” kata Hasim kepada wartawan di Jakarta, Sabtu.

Hasim menegaskan, Menteri Sosial Tri Rismaharini ingin memastikan tidak ada pihak yang memanfaatkan penyaluran bansos untuk kepentingan pribadi atau di luar kepentingan penerima.

“Posisi tegas ini untuk memastikan masyarakat miskin penerima bansos mendapat bantuan sesuai haknya, terutama dalam keadaan darurat seperti saat ini,” ujarnya.

Untuk memastikan bansos tidak dikhitan saat penyaluran, Kemensos melakukan pengecekan lapangan secara intensif. Kemensos bekerja sama dengan Polri, Kejaksaan Agung dan PKC mengawal penyaluran bansos.

Selain itu, Kemensos juga memperkuat peran aktif komponen masyarakat dalam mengawal penyaluran bansos. “Meningkatkan kualifikasi para pendamping sosial agar dapat bekerja lebih profesional,” kata Khasim.

Kemensos kemudian juga meningkatkan transparansi penyaluran bansos dengan menyediakan informasi dan komunikasi melalui saluran pengaduan masyarakat seperti website Cekbansos.kemensos.go.id, lapor.kemensos.go.id dan wbs. .kemensos.go.id.

“Sistem pengawasan berlaku untuk semua bantuan sosial,” katanya.

Ia menjelaskan, pendataan penerima bantuan merupakan salah satu faktor yang menjamin kecepatan, ketepatan dan kebenaran penyaluran bansos. “Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi, terutama terkait teknis pelaksanaan di lapangan,” kata Hasim.

Artikel sebelumyaLaNyalla mengucapkan terima kasih kepada Ponpes Ar-Rohman Magetan yang telah membantu warga di masa pandemi
Artikel berikutnyaSulut Rekor Rekor Kasus COVID-19 Setelah Tambah 708 Orang