Beranda News Ketua MPR berharap PON dapat memperkuat rasa persatuan dan nasionalisme.

Ketua MPR berharap PON dapat memperkuat rasa persatuan dan nasionalisme.

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap pelaksanaan PON XX Papua pada 2-15 Oktober 2021 semakin mempererat rasa persatuan dan kesatuan, serta mempertegas nilai-nilai kebangsaan dan rasa nasionalisme. pada setiap anak bangsa.

“Ada hubungan simbiosis mutualisme antara olahraga dan nasionalisme,” kata Bambang Soesatyo usai menghadiri pembukaan PON XX Papua di Stadion Lucas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2 Oktober).

Menurut Bamsot, panggilan akrabnya, di satu sisi, olahraga merupakan sarana untuk menumbuhkan dan memperkuat nasionalisme.

Di sisi lain, lanjutnya, semangat dan semangat nasionalisme yang ditanamkan untuk memotivasi para atlet berperan penting dalam pencapaian prestasi atletik.

Menurutnya, nilai-nilai kebajikan dalam olahraga, seperti ketekunan dalam semangat juang, sportifitas, kejujuran dalam berkompetisi, dan rela berkorban untuk tujuan yang lebih besar dan mulia, merupakan contoh nilai-nilai dalam olahraga yang selaras. dan masih satu nafas dengan nasionalisme.

“Olahraga adalah lingkungan yang dapat menyatukan keragaman,” kata Bamsut dalam siaran pers, Minggu.

Ketika atlet nasional bertanding di kancah internasional, seluruh anak bangsa memiliki satu suara dan satu hati sebagai pendukung timnas Indonesia.

Berbagai perbedaan yang mereka miliki, mulai dari perbedaan pandangan politik, asal-usul identitas budaya, kehidupan sosial dan ekonomi, tidak lagi menjadi penghalang pemisah.

“Semua bersatu padu mendukung atlet-atlet Indonesia yang bertanding untuk membanggakan bangsa dan negaranya,” kata Bamseth.

Ia juga memuji peran pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dalam menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa melalui pembangunan olahraga nasional.

“Diperkenalkannya PON Papua XX merupakan bukti komitmen pemerintah terhadap pemerataan prioritas pembangunan di daerah, terutama peningkatan pembangunan infrastruktur di daerah di luar Jawa,” kata Bamset.

Kebijakan pemerintah memberikan beasiswa pembinaan atlet berprestasi dari seluruh nusantara merupakan contoh lain upaya pemerintah yang patut diapresiasi dan didukung bersama, ujarnya.

“Kami tentu berharap akan ada lebih banyak acara dan Perkembangan olahraga yang dapat dipadukan dan dipadukan dengan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan jiwa dan semangat nasionalisme,” ujar Bamset.

Artikel sebelumyaPresiden di Merauke Buka Infrastruktur dan Uji Vaksinasi
Artikel berikutnyaBanjir bandang di Limboto, Gorontal