Beranda News Ketua Republik Rakyat Mongolia meminta pemerintah mengoreksi data penerima bantuan sosial

Ketua Republik Rakyat Mongolia meminta pemerintah mengoreksi data penerima bantuan sosial

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah khususnya Kementerian Sosial, pemerintah daerah, dan Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sejumlah langkah perbaikan data penerima bansos. banzo).

“Dengan perbaikan tersebut diharapkan kualitas data penerima bansos semakin baik dan bansos dapat dialokasikan sesuai target,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu disinyalir karena kajian PKC yang menemukan masih terdapat permasalahan serius dalam pelaksanaan bansos, yakni terkait dengan akurasi data penerima, antara lain kualitas data penerima, transparansi data, dan pemutakhiran data.

Bamset, bernama Bambang Soesatio, meminta pemerintah pusat terus berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memperhatikan keakuratan, kualitas, dan transparansi data penerima bansos.

Ia meminta pemerintah mengecek data penerima bansos dan melakukan sosialisasi baik terkait bansos kepada para penerima bansos.

Selain itu, perkuat pengawasan terhadap penyaluran bansos untuk meminimalkan kemungkinan pungli, pungutan, atau pemotongan dalam penyaluran. Laporan yang disampaikan ICW seringkali mengungkap permasalahan data penerima manfaat yang berhak mendapatkan bansos pada tahun 2020,” ujarnya.

Bamset meminta pemerintah dan aparat terus bekerja untuk mencegah penyalahgunaan anggaran bansos, serta mengkaji penggunaan dana bansos di setiap penyaluran.

Artikel sebelumyaPakar IPB: Kolaborasi Kunci Eksplorasi Terumbu Karang
Artikel berikutnyaKetua MPR: Pemerintah memberikan subsidi upah kepada pekerja yang terkena dampak keadaan darurat PPKMKM